oleh

Visa Kunjungan Mulai Diberlakukan di Bandara Ngurah Rai Bali

Badung, Lintasnusanews.com – Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, mulai menerima penumpang pesawat turis asing dengan visa on arrival (visa kunjungan) ke Pulau Dewata. Visa ini sebelumnya sempat dihentikan selama pandemi Covid19, untuk mengantisipasi penyebaran Covid19 dari luar negeri.

“Per hari ini Senin 07 Maret 2022, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mulai berlakukan kembali pelayanan visa on arrival. Terkait dengan penerapan VOA tersebut, kami menyiapkan alur yaitu empat alur dan delapan counter. Tentunya terkait teknis, kami menyerahkan ke teman-teman dari Imigrasi,” ungkap Humas Angkasa Pura I Ngurah Rai, Taufan Yudhistira, Senin (07/03/2022).

Manajemen Angkasa Pura I Ngurah Rai berkoordinasi dengan Imigrasi Bali untuk menghindari penumpukan penumpang karena lamanya antrean. Untuk memudahkan para penumpang pengguna VOA, para petugas menggunakan mesin EDC menghampiri penumpang.

“Apabila memang nanti terjadi antrian, tim dari visa on arrival tersebut mobile dengan membawa mesin EDC (electronic data capture) untuk pembayaran visa on arrival di lokasi penumpang mengantri,” ujarnya.

Baca juga: Kabar Gembira!!! Perjalanan Udara, Darat, Laut Bebas Antigen & PCR

Taufan menuturkan, informasi yang diterima pada hari pertama pemberlakuan VOA, baru satu penumpang internasional yang memanfaatkan visa kunjungan ini.

“Informasi yang kami terima dari lapangan, baru satu penumpang saja yang menggunakan visa on arrival ini. Yaitu penumpang Singapore Airline dengan rute Singapur – Denpasar.

Taufan juga mengaku, pemberlakuan visa kunjungan ini membutuhkan waktu sosialisasi ke calon penumpang di negara asal. Agar mengundang minat para turis untuk berkunjung ke Bali.

Prediksi kami, mungkin belum terlalu banyak juga penumpang yang memanfaatkan, karena memang informasi mengenai visa on arrival ini, baru beberapa hari kita terima. Jadi kurang lebih dua sampai tiga hari, VOA ini bisa optimal,” pungkasnya.

Sementara itu, Pemerintah Indonesia mulai memberlakukan bebas karantina bagi turis asing yang masuk ke Bali. Keputusan ini disampaikan Menkomarves Luhut Binsar Panjaitan saat rapat terbatas evaluasi PPKM Jawa bali di Jakarta, Senin (07/03/2022). (boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya