oleh

Satlantas Polres Sikka NTT Amankan 20 Unit Sepeda Motor Asal Solo Jawa Tengah

Maumere, Lintasnusanews.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sikka NTT mengamankan 20 unit sepeda motor asal Solo Jawa Tengah, Jumat (16/01/2021). Penggagalan penyelundupan sepeda motor tanpa dokumen ini berawal dari patroli dan memeriksa sebuah truk yang diduga overload (kelebihan beban) saat melintasi Maumere.

“Kami mendapatkan satu unit truk dengan muatan over dimensi dan overload. Setelah diperiksa ditemukan adanya 20 unit kendaraan roda dua didalamnya. Namun yang memiliki dokumen lengkap hanya empat unit saja,” ungkap Kasat Lantas Polres Sikka, Diamond Bangun, Selasa (19/01/2021).

Diamond menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan sopir truk, puluhan kendaraan ini hendak dibawa ke Larantuka Kabupaten Flores Timur. Empat unit diantaranya memiliki dokumen yang lengkap diantaranya BPKB dan STNK, sementara 16 unit tidak memiliki dokumen.

Selanjutnya petugas melakukan pemeriksaan nomor rangka dan nomor mesin sepeda motor untuk mengetahui nama pemilik kendaraan. Satlantas Polres Sikka kemudian berkoordinasi dengan Satlantas asal kendaraan untuk mengtahui asal usul sepeda motor.

“Kendaraan yang belum memiliki dokumen, kami akan mengecek nomor rangkanya untuk mengetahui asal usul kendaraan ini,” ujarnya.

Diamond mengaku, pengamanan ini telah sesuai dengan instruksi Kapolri bahwa kendaraan  yang muatannya  over dimensi dan overload harus ditertibkan. Karena sangat rawan kecelakaan. Instruksi kapolri itu berlaku untuk Lantas seluruh Indonesia.

“Tindakan pengamanan yang dilakukan Lantas Sikka untuk menertibkan kendaraan yang overload sesuai dengan instruksi Kapolri. Ini untuk menjaga kerawanan atas kecelakaan dalam berlalulintas,” pungkasnya. (rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya