oleh

Selundupkan Narkoba ke Lapas, Pegawai Lapas Perempuan Terciduk

Denpasar, Lintasnusanews.com – Seorang pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Denpasar Bali, berinisial ER tertangkap menyelundupkan Narkoba jenis Shabu ke dalam Lapas pada Selasa (28/04/2020) malam. Pelaku saat ini telah diserahkan ke Polres Badung untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Demi melancarkan aksinya, pelaku yang baru direkrut tahun 2017 lalu dan bertugas di Lapas Perempuan dalam dua tahun terkahir ini, memasukkan barang bukti sabu ke dalam batok charger merk Samsung. Petugas lapas yang tengah bertugas yakni Dhayani dan Mita yang mencurigai batok charger yang tidak utuh, kemudian melakukan penggeledahan manual semua barang bawaan pelaku.

“Petugas Dhayani mencurigai barang bawaan berupa batok carger jenis Samsung galaxy S warna putih yang sudah lusuh dan kotor di dalam tas. Karena batok carger dalam kondisi tidak tertutup rapat pada penutup atas cargernya, sehingga petugas dhayani membuka tutup batok carger tersebut. Setelah dibuka ditemukan barang berupa bungkusan yang didalamnya ada butiran berwarna putih yang dicurigai sejenis narkoba (sabu-sabu) lalu ditanyakan kepada yang bersangkutan barang apa ini dan dijawab tidak tahu dan itu bukan miliknya,” ungkap Humas Kanwil Kemenkumham Bali, Surya Dharma, Rabu (29/04/2020).

ER pelaku penyelundupan Sabu ke dalam lapas. Foto: Ist

Petugas mencongkel batok charger dengan menggunakan gunting dan mengeluarkan serbuk putih itu, kemudian melaporkan kepada Komandan regu jaga Ayu Mita Indrina dan diteruskan kepada KPLP dan Kalapas. Peristiwa ini kemudian dilaporkan ke Kadiv Pemasyarakat Kanwil Kemenkumham Bali.

“Kalapas datang, langsung ditunjukkan barang bukti yang dicurigai narkoba jenis sabu-sabu dan Ibu Kalapas berkoordinasi dengan Kadis Pas untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut. Atas petunjuk Kadis Pas, diperintahkan untuk melakukan koordinasi dengan aparat Polres Badung, sambil dilakukan pemeriksaan internal terhadap ER sebelum diserahkan ke polisi,” papar Surya.

Kasubbag Humas Polres Badung IPTU I Putu Oka mengaku, terlapor (pelaku) saat ini telah diamankan di Mapolres Badung beserta barang bukti berupa satu paket sabu dengan berat 4,83 gram brutto atau 4,52 gram netto, satu buah charger warna putih Samsung Galaxy S, satu buah tas gendong warna coklat kombinasi merah dan satu buah handphone Xiaomi warna biru.

“Terlapor dan barang bukti dibawa ke Mapolres Badung guna penyidikan lebih lanjut.Masih kita kembangkan, terkait asal usul barang bukti ini dan siapa penerima di dalamnya” ujar mantan KBO Intel ini.

ER wanita asal Tembuku Bangli ini merupakan pegawai lulusan 2017 lalu dengan pangkat pengatur muda dan ditempatkan di Lapas Perempuan Denpasar sejak tahun 2018 lalu. (tim/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya