oleh

Pangdam IX/Udayana Tutup Latihan Pengamanan VVIP

Badung, LNN -Latihan pengamanan VVIP Kodam IX/Udayana yang berlangsung sejak 09 hingga 13 Juli, resmi ditutup Pangdam IX/ Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, Sabtu (13/07/2019) siang. Latihan yang digelar selama 5 hari di Lapangan Nusa Dua ini untuk mempersiapkan para prajurit agar selalu siap menjadi tuan rumah diselenggarakannya even-even berskala nasional maupun internasional.

“Dengan berakhirnya latihan ini, masing-masing personel dapat dengan jelas mengetahui dan memahami tugas serta tanggung jawabnya dalam setiap melaksanakan tugas pengamanan VVIP di lapangan,” ucap Pangdam.

Kodam IX/Udayana sebagai Satuan TNI AD yang membawahi tiga propinsi yakni; propinsi Bali, NTB dan NTT, terus memantapkan kesiapan prajurit saat bertugas di lapangan. Saat upacara penutupan latihan Pengamanan VVIP Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana TA 2019, Pangdam IX/Udayana mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara dan seluruh peserta latihan.

Baca Juga: Tingkatkan Kemampuan Personil, Kodam IX/Udayana Gelar Latihan Pam VVIP

Lanjutnya, latihan Pengamanan VVIP sangat penting dilaksanakan mengingat wilayah teritorial yang menjadi tanggung jawab Kodam IX/Udayana meliputi Provinsi Bali, NTB dan NTT sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan even-even berskala Nasional maupun Internasional. Sehingga Kodam IX/Udayana harus selalu siap untuk mengamankan setiap even yang tergelar, agar dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Pangdam berharap kepada seluruh peserta latihan agar mempedomani berbagai materi baik teori maupun praktek yang telah diajarkan dan dilatihkan serta dibuat Protap pengamanan untuk dijadikan sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas pengamanan VVIP kedepan. Dengan menguasai materi pengamanan secara optimal, maka akan dapat mencegah, menanggulangi dan mengatasi setiap ancaman, tantangan serta gangguan potensial terhadap obyek Pam VVIP secara profesional dan proporsional.

Kepada awak media, Pangdam IX/Udayana, menyampaikan evaluasi pelaksanaan latihan Pengamanan VVIP, bahwa semangat mengikuti materi latihan cukup baik dan dapat dilaksanakan oleh seluruh peserta dari awal hingga akhir latihan. Selain itu, penguasaan materi oleh peserta latihan cukup baik dan seluruh jadwal latihan dapat dilaksanakan sesuai rencana waktu.

“Hal ini karena peserta latihan menepati perencanaan waktu yang disusun penyelenggara latihan. Sehingga dengan evaluasi ini menunjukkan bahwa satuan jajaran Kodam IX/Udayana selalu siap melaksanakan pengamanan utamanya Pengamanan VVIP,” ujarnya.

Dikaitkan dengan tugas pokok TNI sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI yaitu melaksanakan tugas OMP dan OMSP, di mana tugas pengamanan yang dilatihkan ini sesuai dengan tugas TNI diantaranya: mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis. Selanjutnya, mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya, serta membantu mengamankan tamu negara setingkat kepala negara dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berada di Indonesia.

Pangdam juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak ITDC yang langsung dihadiri oleh I Gusti Ngurah Ardita selaku Managing Direktor ITDC The Nusa Dua dan pihak lainnya yang sudah menyediakan tempat untuk melaksanakan latihan pengamanan ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar. (AW)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya