oleh

Pemkot Denpasar Tunda Buka Car Free Day Renon dan Lumintang

Denpasar, Lintasnusanews.com – Dinas Perhubungan Kota Denpasar menunda pelaksanaan car free day (CFD) di kawasan Niti Mandala Renon dan Lapangan Lumintang. Keputusan ini pascaevaluasi simulasi pada Minggu (12/07/2020) lalu, kerumunan warga sulit untuk diuraikan.

“Setelah kami coba buka dengan tahapan simulasi, pengunjung CFD membludak. Sehingga kondisi di lapangan menjadi berkerumun dan tidak terkendali. Dan melihat angkan kasus penularan covid 19 masih tinggi. Sebagai upaya pencegahan kami terpaksa meniadakan kembali CFD di dua tempat. Yakni Kawasan Lumintang dan Niti Mandala Renon,” ungkap Kadishub Kota Denpasar, I Ketut Sriawan saat diwawancarai Jumat (17/07/2020).

Sriawan menjelaskan, memasuki adaptasi normal masih banyak temuan kerumunan masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan Covid19. Sehingga rencana pembukaan kegiatan akhir pekan dan car free day denpasar pun masih dipertimbangkan untuk ditunda.

Saat pelaksanaan simulasi, pihak Dishub mencatat sedikitnya 5.000 orang yang datang ke area CFD. Namun jika dilihat dari luas wilayah memang masih representatif. Akan tetapi kesadaran masyarakat untuk menjaga jarak dan tidak berkerumun masih sangat minim.

“Kami akan terus kami evaluasi, sehingga jika situasi sudah memungukinkan car free day akan dibuka kembali, namun sembari menunggu evaluasi lanjutan kami berharap masyarakat untuk maklum, hal ini demi kebaikan kita bersama dan untuk mendukung pencegahan penularan Covid-19 ini,” ajak Sriawan.

Menurutnya, pemerintah tidak ingin membatasi masyarakat dalam berkegiatan, namun protokol kesehatan wajib menjadi perhatian bersama untuk dilaksanakan. Saat ini Pemkot Denpasar telah menyediakan lajur khusus sepeda, sehingga bagi pecinta gowes dapat memanfaatkanya kembali lajur sepeda yang telah ada.  (tim/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya