oleh

Pemuteran Bay Fest 2023 Komitmen Jaga Lingkungan Wisata

Buleleng, Lintasnusanews.com – Wisata Bahari Desa Pemuteran Kecamatan Gerokgak, Buleleng merupakan salah satu destinasi andalan Bali Utara. Kawasan wisata yang memiliki sekitar 80% keanekaragaman hayati laut itu, pernah memenangkan Best Of Nature Green Destination Awar oleh ITB Berlin 2020 lalu.

Demi menjaga dan merawat potensi wisata bahari ini, masyarakat setempat menggelar festival pemuteran rutin dalam 8 tahun terakhir. Festival ini untuk memperkuat komitmen masyarakat melestarikan budaya dan lingkungan.

Selain itu sebagai ajang promosi kepada wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung ke Bali utara. Sedikitnya 10 obyek wisata potensial di kawasan ini diantaranya, Pulau Menjangan, Biorock Pemuteran Bali Menyelam, Pantai pemuteran, Penangkaran Penyu, Trekking Table Stone Hill, Budidaya Mutiara Atlas Pearl, Snorkling Menjangan dan Buble Dive Pemuteran.

“Cermin komitmen masyarakatnya untuk menjaga keberlanjutan dan menjadi destinasi wisata alternatif. Didasarkan pada pemberdayaan masyarakat dan konservasi lingkungan. Semangat dan komitmennya terus diperkuat melalui Pemuteran Bay Fest,” tutur Ketua Komite Pemuteran Bay Festival, Agung Bagus Mantra, Kamis (16/11/2023).

Pemuteran Bay Festival 2023 memilih lokasi di Tanjung Budaya Dalem sebagai panggung utama perhelatan ini. Lokasi ini juga menjadi rumah bagi Monumen Budaya Gajah Mina.

“Sebuah ikon budaya dan konservasi lingkungan yang tidak hanya menjadi daya tarik. Tetapi juga kontribusi nyata dari Pemerintah Kabupaten Buleleng dan Pemerintah Pusat,” ujar Agung.

Menurutnya, Pemuteran Bay Festival 2023 menampilkan lebih banyak atraksi dan kegiatan diantranya Biorock Reef Talks yang digelar secara virtual dan terbuka untuk umum.

Selain itu kegiatan membersihkan pantai, memperbaiki dan menanam kembali bibit karang. Selanjutnya pertunjukan tradisional gebuk ende, ragam kuliner lokal yang melibatkan usaha mikro, kecil dan menengah.

Tak hanya itu, pertunjukkan seni budaya mencakup tarian, musik, terater lokal, aktivitas yoga dengan latar belakang alam Pemuteran dan kompetisi memancing seri di Teluk Pemuteran.

Pemuteran Bay Fest 2023 juga akan diisi oleh sejumlah penampilan menakjubkan para musisi dan seniman lokal. (edo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 komentar

Berita Lainnya