oleh

Buka Pemuteran Bay Fest 2023, Sandiaga Uno Minta Warga Bali Peduli Sampah

Buleleng, Lintasnusanews.com – Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi pelaksanaan Pemuteran Bay Fest 2023 yang digelar di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng Bali. Saat membuka festival, Sandiaga Uno meminta masyarakat terus melestarikan lingkungan dan mengelola sampah dengan baik.

“Tema tahun ini Bhakti Baruna. Rasa syukur atas berkah yang diberikan dewa Bharuna. Oleh karena itu, mari kita lindungi, lestarikan alam Desa Wisata Pemuteran. Kita gerakan masyarakat agar bisa mengelola sampah dengan baik. Membenahi pelestarian terumbu karang teluk pemuteran yang sangat kaya,” ungkap Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, keindahan alam dan budaya Bali selalu menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Oleh karena itu, kerjasama semua pihak dalam melestarikan alam seperti budidaya terumbu karang Teluk Pemuteran terus ditingkatkan.

“Event Pemuteran Bay Festival ini menjadi event gen di Provinsi Bali. Ini luar biasa karena pelestarian keindahan alam dan budaya menjadi daya tarik khusus. Saya ingin menyampaikan pesan motivasi dan semangat kepada seluruh masyarakat agar sukseskan event Pemuteran Bay Festival,” serunya.

Sandiaga juga mengucapkan selamat kepada warga Desa Wisata Pemuteran Bali, yang telah meraih penghargaan Asean Tourism Standard, kategori Comunity Based Tourism 2023.

“Saya mengucapkan selamat kepada warga Desa Wisata Pemuteran. Telah mendapat penghargaan Asean Tourism Standard, kategori Comunity Based Tourism bulan Juli lalu dan menjadi daya tarik mancanegara,” kata Sandiaga.

Pemuteran Bay Fest 2023 ini merupakan event rutin tahunan yang ke-8. Rangkaian acara selama festival ini sebagai bentuk komitmen masyarakat setempat melestarikan lingkungan.

Kawasan wisata Pemuteran memiliki sekitar 80% keanekaragaman hayati laut itu juga pernah memenangkan Best Of Nature Green Destination Awar oleh ITB Berlin 2020 lalu.

Sedikitnya 10 obyek wisata potensial di kawasan ini diantaranya, Pulau Menjangan, Biorock Pemuteran Bali Menyelam, Pantai pemuteran, Penangkaran Penyu, Trekking Table Stone Hill, Budidaya Mutiara Atlas Pearl, Snorkling Menjangan dan Buble Dive Pemuteran. (edo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya