oleh

Atasi Kemacetan Bali, Sandiaga Uno Wacanakan LRT dan Taxi laut

Denpasar, Lintasnusanews.com – Mengatasi kemacetan di Bali, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno wacanakan pembangunan transportasi kereta LRT (Light Rail Transit) dan taxi laut. Hal ini disampaikan Sandiaga saat rapat koordinasi dengan PT. Angkasa Pura I Ngurah Rai  membahas aksesibilitas dan peningkatan layanan bagi wisatawan.

“Ini yang sedang mulai kita simulasikan dan koordinasikan. Kami juga berencana akan menghadirkan transportasi LRT dan mengusulkan transportasi berbasis laut. Sehingga dari titik Canggu, Jimbaran, Kuta itu bisa dihubungkan dengan yang disebut taksi laut. Tentunya ini akan sangat mendukung pariwisata di Bali,” ungkap Sandiaga, Kamis (11/01/2024).

Sandiaga juga mengingatkan seluruh stakeholder agar menjaga kenyamanan wisatawan jelang pemberlakuan pungutan 10 USD per wisatawan asing 14 Februari mendatang.

“Adanya biaya ini untuk kemajuan dan kelestarian budaya dan pengelolaan sampah. Pengalaman dan kenyamanan wisatawan mancanegara saat berkunjung ke Bali tidak terganggu. Kita harapkan bisa memberikan nilai tambah bagi wisatawan,” ungkap Sandiaga, Kamis (11/01/2024).

Sandi mengatakan, konektivitas dan peningkatan jumlah penerbangan yang bisa menjangkau pasar utama Indonesia seperti Australia, Eropa, Asia, dan Amerika.

“Kami sudah petakan, ada beberapa penerbangan tambahan yang akan kita tambahkan di 2024. Termasuk yang kita sasar dari Turkish Airlines, Etihad. Juga ada beberapa tambahan maskapai penerbangan internasional,” kata Sandi kepada para stakeholder.

Menurut Sandiaga Uno, penambahan jumlah penerbangan diharapkan Bandara Ngurah Rai Bali dapat melayani penumpang seperti sebelum pandemi di tahun 2019 yakni sebanyak 24.169.561 penumpang.

Selain itu, pengendalian kepadatan wisatawan agar tidak terpusat di satu daerah saja. Hal ini berkaca dari kejadian kemacetan yang mengakibatkan wisatawan turun dari mobil dan berjalan ke bandara pada29 Desember 2023 lalu.

Oleh karena itu, perlu pengembangan destinasi wisata andalan di Bali utara seperti Buleleng dan Karangasem. Selanjutnya Bali bagian barat yaitu Jembrana, dan juga Bali bagian timur yaitu Klungkung.

Penulis/Editor: Ambros Boli Berani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya