oleh

Bali Buka New Normal, Gubernur Bali Akan Sidak Sejumlah Objek Wisata

Denpasar, Lintasnusanews.com – Pemerintah Provinsi Bali buka new normal pada Kamis 09 Juli besok, dengan menerapkan protokol kesehatan. Untuk memastikan kesiapan penerapan tatanan kehidupan Bali era baru, Gubernur Bali I Wayan Koster dijadwalkan akan sidak sejumlah kawasan wisata.

“Besok Gubernur bersama Forkopimda akan melaksanakan peninjauan lapangan terkait penerapan protokol tata kehidupan era baru. Beberapa objek yang akan dituju diantaranya Bali Safari Marine Park di Gianyar, Kertagosa di Klungkung. Mall Beachwalk dan pantai Kuta, Badung,” ungkap Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra, dalam siaran tertulisnya, Rabu (08/07/2020) petang.

Baca juga: Bali Buka Pariwisata Internasional 11 September Mendatang

Penerapan new normal ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 3355 Tahun 2020 tentang Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru. Pemerintah Bali buka new normal, untuk menghidupkan kembali aktivitas perekonomian di Bali yang terpukul karena terhentinya sektor pariwisata.

“Saya mohon agar dalam melaksanakan aktivitas tetap menerapkan Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru secara tertib, disiplin, dan dengan rasa penuh tanggung jawab. Seperti selalu memakai masker/pelindung wajah, menjaga jarak, tidak berkerumun, rajin mencuci tangan. Dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta menjaga daya tahan tubuh,” harap Dewa Indra yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Covid19 Bali.

Dewa Indra memohon krama (warga) Bali mematuhi imbauan, arahan, dan kebijakan Pemerintah Pusat, TNI/Polri, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Majelis Desa Adat, dan Majelis Keagamaan.

Bali Buka New Normal, DPRD Bali Minta Pemerintah Verifikasi Kegiatan

Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali, Nyoman Sugawa Kory mengatakan, DPRD siap mendukung penyediaan anggaran dalam APBD Semesta Berencana Provinsi Bali. Dukungan itu untuk sektor kesehatan, penanganan dampak ekonomi dan jaring pengaman sosial.

“Kami memberikan dukungan sepenuhnya untuk pembukaan kegiatan masyarakat secara bertahap, baik sosial maupun ekonomi. Namun tetap dilakukan pengawasan secara ketat untuk kegiatan yang akan dibuka tersebut dengan memberlakukan protokol kesehatan covid-19 yang ketat pula,” ujar politisi Partai Golkar itu.

Sugawa Kori juga meminta pemerintah agar  melakukan verifikasi terlebih dahulu jenis kegiatan apakah layak untuk dibuka. Hal ini sangat penting dilakukan agar tidak salah langkah dalam penerpan tatanan kehidupan era baru nantinya.

“Saya setuju kegiatan pariwisata dibuka secara bertahap, pertama lokal, selanjutnya nasional dan terakhir untuk mancanegara. Kegiatan yang akan dibuka harus di verifikasi secara ketat,” harapnya.

Sebelumnya, untuk memulai new normal, Pemerintah Provinsi Bali telah menggelar Upacara “Pamahayu Jagat” yang bertepatan dengan Purnama Kasa di Pura Agung Besakih, Minggu (05/07/2020) . Berselang dua hari kemudian, Gubernur gelar Rakor Forkompinda bersama Bupati/Walikota, Wakil Ketua DPRD se-Bali di Gedung Gajah, Jaya Sabha, Denpasar Selasa (07/07/2020).

Simak Video Kawasan Wisata yang Tutup Selama Pandemi Corona

(tim/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya