oleh

Pantai Kuta Bali Dibuka, Ini Aturan Bagi Wisatawan

Badung, Lintasnusanews.com – Pantai Kuta Bali resmi dibuka pada Kamis 09 Juli 2020, sesuai perintah Gubernur Bali I Wayan Koster memulai new normal di Pulau Dewata. Desa Adat Kuta hanya membuka empat pintu masuk dan menetapkan sejumlah aturan sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan Gugus Tugas Covid19.

“Setiap pengunjung yang masuk Pantai Kuta wajib hukumnya kita cek suhu tubuh. Kemudian wajib pake masker, yang ketiga wajib cuci tangan. Sepanjang pintu masuk sudah kita siapkan tempat cuci tangan. Sepanjang pantai juga ada jarak-jarak tertentu. Sehingga masyarakat tidak kesulitan cuci tangan,” ungkap Bendesa Adat Kuta, Wayan Wasistawa, Kamis (09/07/2020) pagi.

Wasista menegaskan, Bila hasil cek suhu tubuh melebih diatas 37 derajat, maka pengunjung tersebut tidak diperbolehkan masuk. Setelah Pantai Kuta Bali dibuka, para wisatawan yang berkunjung wajib menjaga jarak sosial atau jarak sosial selama berada dalam kawasan pantai.

“Pengunjung yang sudah berada di pantai yang panjangnya 3,7 Kilometer ini harus sesuai dengan sosial distancing atau menjaga jarak,” tegasnya.

Wasista menjelaskan, pembukaan awal new normal ini dilakukan sesuai instruksi Gubernur Bali I Wyan Koster. Demi memudahkan pengawasan petugas terhadap protokol kesehatan, Desa Adat hanya membuka empat pintu masuk.

“Untuk new normal ini kita buka hanya empat. Pintu utama, kemudian di Beach Walk, depan Jalan Poppies Satu, kemudian uang di ujung utara (gerbang perbatasan Kuta Legian). Sehingga ini kepentingannya memudahkan pengawasan. Kalau semua pintu dibuka itu sebanyak 31 titik dan itu akan kewalahan petugas. Jadi kita atur,” urainya.

Bendesa Adat menegaskan, sanksi tegas akan diterapkan oleh satgas gotong-royong desa adat. Bila ada pengunjung yan suhu tubuhnya melewati batas normal akan dijemput petugas Puskesmas Kuta Satu.

“Sanksi jelas. Tidak pakai masker, tidak boleh masuk. Kalau subu tubuh lebihb dari 37,3 derajat kita cek, kita arahkan ke Puskesmas. Kita sudah kerjasama dengan Puskesmas Kuta Satu, bilamana ada yang sakit dan suhu tubuh melebihi,” pungkasnya. (tim/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya