oleh

Pesona Pantai Watotena Adonara NTT Ibarat Surga yang Tersembunyi

Larantuka, Lintasnusanews.com – Pulau Adonara yang tertelak di wilayah Flores NTT menyimpan sejuta pesona wisata bahari, salah satunya Pantai Watotena. Meski pesonanya telah dikenal masyarakat melalui foto-foto, Pantai Watotena Adonara ini belum banyak dikunjungi wisatawan Nusantara maupun asing.

Pantai yang terletak di Desa Bedalewun Kecamatan Ile Boleng Flores Timur ini, ditemui sejumlah gugusan batu yang berbentuk perahu. Dalam bahasa setempat, Watotena juga merupakan Perahu Batu yang dikelilingi air laur berwarna hijau tosca dan biru serta hamparan pasir.

Pantai Watotena berukuran kurang lebih 509 kilometer persegi dengan puncak daratan tertinggi pada 1.676 meter di atas permukaan laut (MDPL). Selain pantai yang indah, kawasan wisata ini pun terdapat perbukitan yang masih alamiah dan pemandangan Gunung Ile Boleng.

Namun demikian, Pantai Watotena Adonara ini masih butuh pengembangan potensinya untuk menarik kunjungan wisatawan nusantara maupun asing. Pantai ini yang juga dapat dilihat melalui laut ketika melintas dari Larantuka ke Lewoleba Kabupaten Lembata ini.

Pulau ini dibatasi oleh Laut Flores di sebelah utara, Selat Solor di selatan, Selat Lowotobi di sebelah barat yang terpisah dengan Pulau Flores. Tak jauh dari Pantai Watotena, ada juga Pantai Meko yakni pulau timbul tenggelam yang terletak di Desa Meko Kecamatan Witihama.

Akses Transportasi dan Infrastruktur Menuju Kawasan Wisata Pantai Watotena Adonara

Bila wisatawan berkunjung ke Pulau Adonara, dapat menempuh perjalanan sekitar dua jam dengan perahu motor dari Larantuka, ibukota Kabupaten Flores Timur ke dermaga Waiwerang.  Atau bisa ditempuh dengan anternatif lain, menyeberang dari Larantuka ke Pelabuhan Tobilota kurang lebih 15 menit dengan tarif Rp10 ribu.

Setelah tiba di Pelabuhan Waiwerang maupun Pelabuhan Tobilota, wisatawan dapat menggunakan transportasi darat berupa angkutan umum atau ojek. Anda tidak perlu khawatir, karena infrasturuktur jalan ke Pantai Watotena maupun Pantai Meko terbilang cukup baik.

Tarif masuk ke kawasan wisata Pantai Watotena pun terbilang murah, karena hanya dengan Rp5 ribu, anda puas menikmmati keindahan pantai ini. Kawasan ini memiliki banyak spot foto yang menarik, sehingga belakangan ini digandrungi fotografer seperti dilansir IDN Times.

Bila anda ingin menginap di Pulau Adonara, sejumlah hotel bisa ditemui di Kota Waiwerang yang merupakan kota terbesar di Pulau ini. Waiwerang memiliki pasar tradisional yang padat pada hari Senin dan Kamis, karena andalan masyarakat pulau ini.

Adonara juga memiliki adat dan budaya yang masih terpelihara dan dilestarikan dengan baik hingga saat ini. Sejumlah upacara adat dapat anda nikmati pada bulan Mei hingga Oktober setiap tahunnya yang disebut bulan adat.

Namun dalam kawasan wisata Pantai Watotena Adonara ini dilarang snorkeling maupun diving karena arus bawah laut terbilang kencang. Hal ini untuk mengantisipasi musibah karena terletak diantara Pulau Flores dan Pulau Lembata. (tim/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya