oleh

Wisatawan Asing Mulai Ramai Kunjungi Nusa Penida dan Lembongan

Denpasar, Lintasnusanews.com – Wisatawan asing mulai ramai mengunjungi kawasan wisata Nusa Penida dan Nusa Lembongan, sejak pariwisata Bali diberlakukan bebas karantina. Para turis asing terpantau menyeberang dari kawasan wisata pantai Sanur.

Salah seorang turis asal Jerman yang tiba di Bali pada bulan Desember lalu mengaku senang, karena Pemerintah Indonesia telah berlakukan bebas karantina. Menurutnya kebijakan ini akan menarik minat turis asing kembali mengunjungi Bali.

“Saya tiba di Bali bulan Desember, dan sebelumnya kita selalu menunggu waktu dibukanya perbatasan. Begitu dibuka kami segera memesan pesawat kami. Waktu karantina masih sepuluh hari, tapi kemudian diturunkan jadi enam hari. Kami memang sangat ingin kesini, karena kami sangat senang dengan Bali. Jadi kami sudah di sini sejak Desember, sekarang sudah Maret. Kami sangat senang berada disini,” tutur Lea Besemer, Jumat (25/03/2021) di Pantai Sanur.

Lea menuturkan, sangat menyukai Bali dengan budaya dan keramahan masyarakat Bali. Selain itu, alam yang sangat indah dan makanan lokal memanjakan para turis asing maupun lokal yang berlibur ke Bali.

Ini kali pertama kami di Bali, hal yang sangat saya senangi di sini budayanya. Orang-orang disini sangat baik, ramah, sabar dan sangat bersukur dan bahagia. Makanan di sini luar biasa, makanan paling enak yang pernah saya rasakan. Makanannya sehat, saya juga suka pemandangannya dan cuacanya,” kata Lea sebelum menyeberang ke Nusa Lembongan.

Lea juga berharap, perekonomian Bali kembali bertumbuh dan berkelanjutan sehingga masyarakat Bali dapat berkembang lagi.

“Saya berharap mereka akan bisa kembali melanjutkan usahanya dan orang-orang akan kembali. Semoga situasinya akan lebih berkelanjutan. Mungkin orang-orang tidak datang berbarengan, tapi lebih tersebar merata. Jadi tidak terlalu ramai, sehingga banyak timbunan sampah, semoga tidak sekaligus ramai, tapi pelan-pelan bertambahnya.” pungkasnya.

Bali Bebas Karantina Bagi Wisatawan Asing

Pemerintah Indonesia memberlakukan bebas karantina di seluruh bandara internasional sebagai pintu masuk warga negara asing. Sesuai surat edaran (SE) No. 15 tahun 2022 mengisyaratkan, pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang masuk Indonesia yang telah vaksin dua kali atau booster dengan hasil tes PCR negatif, boleh keluar bandara atau pun dan melanjutkan perjalanan.

Sementara penumpang internasional yang belum vaksin atau baru sekali vaksin, akan mendapatkan vaksin oleh tim Karantna Kesehatan Pelabuhan (KKP). Tentunya sebelumnya harus tes PCR dengan hasil negatif. Namun untuk vaksin kedua, penumpang harus minimal telah vaksin pertama 3 bulan sebelumnya.

Sementara itu, bagi penumpang WNI yang berKTP non Bali tetapi masuk ke Bali sebelumnya wajib menunjukkan bukti bookingan hotel, kini aturan itu tidak berlaku lagi dengan terbitnya SE Satgas Covid19 nomor 15 tahun 2022. (boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya