oleh

Pantai Berawa Canggu Ramai Turis Asing, Ini Harapan Bule yang Tinggal di Bali

Badung, Lintasnusanews.com – Pantai Berawa Canggu Bali mulai ramai dikunjungi turis asing maupun lokal, sejak kebijakan bebas karantina diberlakukan Pemerintah Indonesia. Sejumlah warga negara asing yang selama ini tinggal di Bali berharap smua aktivitas kembali normal dan perekonomian kembali pulih.

Anna Espina, warga negara Spanyol yang tinggal 2 tahun di Bali mengaku kagum dengan keindahan Pulau Dewata dan budaya masyarakat Bali. Anna mengaku prihatin melihat perekonomian Bali yang anjlok sejak dilanda pandemi Covid19.

“Saya tahu persis bahwa pulau (Bali) telah mengalami kesusahan selama ini karena Covid pastinya. Fakta bahwa pariwisata tidak ada, karena mereka tidak bisa ke pulau ini,” tuturnya di Pantai Berawa, Selasa (29/03/2022).

“Jadi saya senang dan saya berharap kedepannya akan lebih baik lagi. Tapi di saat yang sama saya sedih, karena saya berharap para wisatawan untuk tetap menghargai masyarakat setempat dan tradisi. Tentunya hal ini akan menguntungkan ekonomi setempat. Tapi saya harap orang-orang sadar, bahwa mereka berkunjung ke negara lain, dan mereka harus menghormati dimana mereka berkunjung,” ungkap Anna.

Hal senada disampaikan dua warga asing lainnya asal Australia yang dinggal di kawasan wisata Berawa Canggu Bali. Mereka berharap aktivitas masyarakat kembali normal dan pariwisata kembali pulih.

“Saya tinggal di Bali. Saat ini saya ada proyek villa di Pererenan. Covid memperlambat semua proses menyulitkan saya dan masyarakat setempat. Tapi saya masih membayar kontraktor saya. Saya masih membayar pengasuh anak, masih membayar di warung. Saya masih melakukan semua yang saya bisa. Kita perlu pariwisata kembali. Supaya semua orang bisa memberi makan keluarga mereka,” ujar Vincent De Leo.

“Saya di sini sudah 4 tahun. Fantastis bahwa Bali mulai dibuka dan orang-orang bisa kembali. Saya sangat senang dengan orang-orangnya dan budayanya selama saya di sini. Saya harap semua hal bisa kembali sibuk seperti semula sebelum pandemi. Banyak orang dan tempat-tempat bisa buka kembali.” harap Mikey.

Editor: Ambros Boli Berani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya