oleh

Terima Perdana Thai Air Asia, Bandara Ngurah Rai Bali Layani 40.806 Penumpang Internasional

Denpasar, Lintasnusanews.com – Bandara Internasional Ngurah Rai Bali kembali menerima penumpang perdana maskapai Thai Air Asia dari Bangkok Thailand, Selasa (12/04/2022). Pesawat dengan nomor penerbangan FD396 dari Bandara Don Mueang mengangkut 128 penumpang, sehingga total penumpang internasional yang masuk ke Bali 40.806 orang.

Pesawat yang sama dengan nomor penerbangan FD397, kembali ke Bangkok pada pukul 12.56 WITA, mengangkut 29 penumpang dengan menggunakan. Maskapai Thai Air Asia dijawalkan melayani dua kali dalam seminggu pada hari Selasa dan Sabtu.

Hingga saat ini Bandara Internasional Ngurah Rai Bali melayani 7 maskapai internasional dengan 9 rute penerbangan. Masing-masing; yakni Garuda rute Narita Jepang dan Sidney Australia, Singapore Airlines, Malaysia Airlines dari Kuala Kumpur, Jet Star rute Melbourne dan Perth Australia. Selajutnya, Turkish Airlines dari Instanbul Turki, Qatar Airlines dari Doha dan Thai Air Asia dari Bangkok Thailand.

“Bandara I Gusti Ngurah Rai kembali menambah daftar rute penerbangan internasional reguler. Setelah Perth pada pekan lalu, hari ini rute dari dan ke Bangkok kembali beroperasi. Kami berharap dengan terhubungnya kembali kedua kota ini akan semakin meningkatkan minat warga masyarakat dunia untuk kembali berwisata. Dengan aman dan nyaman tentunya, sesuai dengan protokol kesehatan,” ungkap Direktur Utama PT. Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam siaran pers, Selasa (12/04/2022).

Menurut Fahmi, saat ini Manajemen Angkasa Pura I telah menerima permohonan ijin rute dari sejumlah maskapai internasional ke Bali.

“Dari data yang kami peroleh, saat ini ada beberapa maskapai yang telah memperoleh izin rute. Serta maskapai yang tengah dalam proses pengaktifan kembali rute penerbangan melalui Kementerian Perhubungan. Di akhir pekan nanti juga akan ada lagi. Kami sangat optimis dengan prospek penerbangan internasional reguler dari dan ke Bali,” tuturnya.

Secara total, terdapat 11 maskapai penerbangan baik nasional maupun asing yang melayani 9 rute penerbangan dari dan menuju Bali.

Dikutip dari laman resmi, AirAsia menyatakan optimisme dalam tren pemulihan kembali minat berwisata warga masyarakat. “Bangkok-Bali secara historis merupakan rute yang sangat populer dengan jumlah permintaan rata-rata lebih dari 80 persen sebelum pandemi.

Penerbangan perdana pasca pandemi kali ini cukup menunjukkan tren pemulihan minat wisatawan Thailand untuk berkunjung ke Bali. Hal ini terlihat dari jumlah penumpang sebanyak 128 penumpang dengan mayoritas warga negara Thailand.

Sejak 3 Februari 2022 lalu hingga Senin (11/04/2022) tercatat sebanyak 64.361 penumpang dan 513 pergerakan pesawat udara keluar masuk Bali. Dengan rincian 40.806 penumpang dan 259 pergerakan pesawat datang. Sementara penumpang yang berangkat dan 23.555 dan 254 pergerakan pesawat berangkat dari Bali.

Pemerintah Indonesia telah memberlakukan bebas karantina di seluruh bandara internasional se-Indonesia sejak tangga; 07 Maret lalu. Surat edaran (SE) Satgas Covid19 No. 15 tahun 2022 mengisyaratkan, pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang masuk Indonesia yang telah vaksin dua kali atau booster.

Para PPLN yang tiba, wajib menunjukkan hasil tes PCR negative 3 x 24 jam sebelum keberangkatan. Jika hasil tes PCR di Bandara Indonesia dinyatakan negatif, penumpang boleh keluar bandara atau pun dan melanjutkan perjalanan. Seluruh penumpang internasional yang masuk ke Bali tidak wajib menunjukkan bukti bookingan hotel. (tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya