oleh

Dosen Teknik Industri UMB Beri Pelatihan Pemanfaatan Limbah Kain Perca

Jakarta, Lintasnusanews.com – Tim Dosen Teknik Industri Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta memberikan pelatihan pemanfaatan limbah kain perca di Sekolah Menengah Kejuruan IP Yakin (IP YAKIN) Jakarta Barat. Pelatihan tersebut masuk dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat untuk mendukung kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Prakarya sekaligus memberikan edukasi kepada peserta pelatihan agar memiliki wawasan tentang lingkungan khususnya penanganan limbah kain perca.

“Kita ingin memberikan edukasi sekaligus memberikan wawasan kepada para peserta untuk berpikir kreatif dan inovatif yang nantinya dapat menjadi peluang usaha bagi para peserta,” ujar dosen Teknik Industri UMB Popy Yuliarty ST MT disela-sela pelatihan pada Senin (19/06/2023) lalu.

Menurut Popy, prakarya juga merupakan ilmu terapan yang mengaplikasikan pelbagai bidang ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah praktis yang secara langsung memengaruhi kehidupan sehari-hari. Ruang lingkup mata pelajaran prakarya untuk SMP meliputi empat aspek yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, dan Pengolahan.

“Dari ke empat aspek itu peserta didik diharapkan mampu membuat produk kreatif dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar termasuk kain perca,” ujar Popy.

Sementara itu, Kepala Sekolah IP Yakin, Muhamad Abduh ST, menyambut baik kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dan berharap para pelajar di IP Yakin termasuk para guru semakin kreatif dan inovatif dalam membuat karya dari bahan kain perca.

“Ini bagus sekali, kita pada prinsipnya sangat mendukung, karena dari pada limbah menimbulkan pencemaran lingkungan, justru sangat baik dibuatkan karya yang bermanfaat seperti ini,” kata Abduh.

Para narasumber pelatihan ini adalah tim dosen dari Universitas Mercu Buana Jakarta yakni Popy Yuliarty ST MT, Bonitasari Nurul Alfa ST MM M.Sc dan Saruni Dwiasnati ST MM M.Kom. Pada akhir pelatihan pembuatan karya dilakukan penilaian terhadap karya terbaik oleh tim dosen dari Universitas Mercu Buana dan perwakilan Guru IP YAKIN Wakasek Kurikulum Nila Ardiyanti S.Pd sebagi bentuk apresiasi terhadap peserta yang sudah dengan antusias mengikuti kegiatan ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya