oleh

Dijadwalkan Dibuka Menpora, KSN PMKRI 2023 akan Bahas 8 Isu Strategis

Jakarta, Lintasnusanews.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, dijadwalkan membuka Konferensi Studi Nasional (KSN) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) yang akan digelar di Denpasar Bali, 19 – 25 November mendatang. Gelaran KSN PMKRI 2023 nantinya ratusan kader PKMRI se-Indonesia akan membahas 8 isu strategis menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Kedatangan kami kesini dengan agenda KSN yang digelar pada tanggal 19-25 November 2023. Kami berharap, mas Menteri untuk hadir disana sekaligus membuka kegiatan KSN,” ungkap Ketua Presidium Pengurus Pusat PMKRI, Tri Natalia Urada, saat audiensi di Kantor Kemenpora Jakarta, Selasa (07/11/2023).

Baca juga: Raymundus Tolok Terpilih Jadi Ketua PMKRI Jakarta Pusat

Menpora Dito mengaku siap menghadiri kegiatan KSN PMKRI tahun 2023 sekaligus membuka KSN.

“Saya sangat menyambut baik. Dan berkenan siap hadir undangan dari Pengurus Pusat PMKRI untuk membuka kegiatan Konferensi Studi Nasional PMKRI di Denpasar Bali,” kata Dito.

Menpora mengatakan, sejarah Indonesia tidak terlepas dari peran anak muda. Apalagi kata Dito, saat ini dirinya dimandatkan sebagai menteri pemuda dan Olahraga.

“Insyaallah kalau tidak ada halangan saya pasti hadir. Semangat dan sukses dalam persiapannya, semoga berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Rangkaian Kegiatan KSN PMKRI 2023

Sementara Presidium Pendidikan Kaderisasi, PP PMKRI, Srilinus Lino mengatakan, KSN tahun 2023 mengusung tema “Indonesia 2045: Episentrum Pertumbuhan Ekonomi Global”. Lino yang juga menjabat Ketua Steering Coommitte (SC) menambahkan, PMKRI mendambakan satu tantangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menyongsong tahun 2045.

“Karena itu, dalam forum Konferensi Studi Nasional di Denpasar tahun ini, maka PMKRI dari 90 Cabang yang tersebar di seluruh Indonesia akan hadir. Mengkaji isu-isu strategis sebagai bentuk sumbangsih ide dan gagasan mencapai Indonesia Emas di tahun 2045,” jelas Lino.

Menurut Lino, sejumlah isu strategis akan menjadi fokus pembahasan di KSN PMKRI tahun 2023. Para kader PMKRI diharapkan dapat memahami isu strategis dan sebagai kaum muda terlibat dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Ada delapan isu yang menjadi fokus pembahasan dalam forum KSN. Diantaranya, Isu Ekologi, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Transisi Energi, Politik dan Demokrasi, Bonus Demografi, Ketahanan Pangan serta Tata Kelola Pembangunan Nasional,” jelas Lino.

Sementara itu, Sekretaris SC KSN 2023 memaparkan sejumlah rangkaian kegiatan KSN 2023. Diantaranya, pembukaan dan sidang kehormatan, studium generale, seminar nasional, focus group discussion (FGD), pleno dan rencana tindak lanjut.

“Harapannya kegiatan KSN ini akan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang bisa kami tunjukan kepada Pemerintah. Serta menentukan bagaimana standing potition PMKRI menuju Indonesia Emas 2045,” kata Gregorius.

Baca juga: Gelar FGD Pilkada, Polresta Denpasar Libatkan Mahasiswa Cipayung Plus

Ia menambahkan, kegiatan KSN dirangkai dengan penanaman Mangrove di Bali sebagai aksi nyata keterlibatan kaum muda menjaga alam.

“Diakhir kegiatan, kami akan melakukan aksi penanaman mangrove di Benoa Bali. Berkolaborasi dengan kementerian lingkungan hidup dan kehutanan” ujarnya.

Dalam audiensi Selasa (07/11/2023) di Kantor Kemenpora Jakarta itu, hadir jajaran Pengurus Pusat PMKRI yakni Ketua Presidium Pengurus Pusat PMKRI, Tri Natalia Urada, Presidium Pendidikan dan Kaderisasi, Srilinus Lino. Selain itu, Lembaga Pengembangan SDM, Gregorius Bryan G. Samosir, Lembaga Media dan Pers, Raymundus Hamis, Wakil Bendahara, Lena Sumbung. (rls/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 komentar

Berita Lainnya