oleh

Siswa di Gianyar Dikukuhkan Jadi Relawan Anti Narkoba

Gianyar, LNN – Perang melawan narkoba terus digalakkan Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan merekrut Relawan Anti Narkoba, mulai dari anak usia sekolah hingga masyarakat desa adat di Bali. Sekretaris Utama (Sestama) BNN RI, Irjen Pol. Adhi Prawoto mengapresiasi antusias warga dalam kontribusinya mengkampanyekan bahaya narkoba.

“Saya sangat senang hingga bisa datang ke Desa Bukian ini, saya berikan apresiasi kepada BNN Propinsi Bali dan jajaran dalam hal ini BNN Kabupaten Gianyar yang sudah menggandeng desa adat dan dinas dalam bentuk pengukuhan relawan dan pararem anti narkoba di Kabupaten Gianyar,” ungkap Irjen Pol. Prawoto di Desa Bukian, Gianyar, Jumat (26/07/2019).

Sebanyak 80 orang dari sejumlah komponen masyarakat dikukuhkan menjadi relawan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba. Selain itu, dalam kesempatan yang sama dilaunching Duta Relawan Anti narkoba Anak Kecil (Durancil) dan Peninjauan Desa Bersinar.

Desa Bukian yang terletak di Kecamatan payangan merupakan salah satu desa yang dikukuhkan menjadi Desa bersih Narkoba (Bersinar) pada 15 November 2018 lalu oleh Kepala BNN RI Komjen Pol Heru Winarko. Desa yang memiliki 11 banjar (dusun), 8 desa adat dengan jumlah penduduk sebanyak 7.025 jiwa.

Hasil penelitian Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Puslitkes UI menyebut sekitar 1,77 persen atau 3,3 juta penduduk Indonesia menjadi penyalahguna narkoba. Dengan jumlah tersebut, tercatat jumlah kerugian ekonomi maupun sosial mencapai Rp. 84,7 triliun.

Prawoto berharap, seluruh desa kedepannya dapat melaksanakan kegiatan ini, sebab peran desa bukan hanya mengeluarkan sistem namun juga menjadi problem solving khususnya masalah narkoba.

“Saya ucapkan terimakasih disini sudah dibentuk relawan, kita tinjau desa bersinar dan kita launching durancil,semoga hal ini menjadi contoh teladan dan semangat untuk teman teman di seluruh Indonesia,” pungkasnya. (Boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya