oleh

Waspada Belanja Kebutuhan Secara Online Selama Pandemi Corona

Jakarta, Lintasnusanews.com – Wabah Corona yang melanda Indonesia dan warga dilarang keluar rumah, warga diimbau waspada belanja keutuhan harian secara online. Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr. Reisa Broto Asmoro mengungkapkan enam kiat berbelanja online di era new normal agar terhindar dari penularan virus Corona atau Covid19.

“Menggunakan layanan berbelanja secara daring bukan berarti terbebas dari risiko penularan. Sebab, berbelanja secara daring tetap memerlukan layanan jasa pengiriman barang. Dalam hal ini tetap perlu dipastikan bahwa barang yang diterima terjaga dengan baik, tidak rusak, aman dan higienis,” ungkap dr. Reisa dalam siaran tertulisnya, Senin (13/07/2020)

Dokter Reisa mengungkapkan enam langkah untuk memastikan paket atau kiriman yang diterima aman dan siap dibuka.

Pertama, buang segera bungkus atau wadah kemasan yang tidak perlu, lalu cuci tangan. Kedua, bersihkan wadah atau kotak kemasan dengan semprotan disinfektan pada bagian luar paket. Ketiga, jangan membersihkan bahan makanan dengan cairan kimia berbahaya.

Kemudian keempat, cukup cuci dan bersihkan dengan air mengalir. Kelima, bila dicuci dengan sabun, gunakan sabun dengan syarat sabun khusus sayur dan buah (Food Grade). Keenam, apabila kiriman yag kita terima adalah makanan, maka masak sampai matang, atau panaskan dengan suhu minimal enam puluh lima derajat selama tiga menit.

Dokter Reisa berpesan, masyarakat perlu waspada belanja online,namun bagi yang belum pernah membiasakan. Karena wabah Corona masih beresiko bagi warga Indonesia yang kini memasuki adaptasi tatanan kehidupan baru.

“Beberapa dari kita sudah rajin mempraktikkan tahapan-tahapan protokol ini. Bagi yang belum, mari kita biasakan,” ujarnya.

Selain itu Dokter Reisa mengingatkan agar masyarakat selalu memakai masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta memastikan rumah tetap aman dari risiko penyakit COVID-19 dan anggota keluarga tetap sehat. (tim/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya