oleh

Selly Mantra: Pentingnya Bermain Bagi Peningkatan Mental Anak Usia Dini

Denpasar, Lintasnusanews.com – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, IA Selly Dharmawijaya Mantra mengingatkan pentingnya waktu bermain bagi anak usia dini. Hal ini disampaikan Selly mantra dalam seminar penanaman karakter anak usia dini melalui bermain yang diselenggarakan BP PAUD dan Dikmas Provinsi Bali, Rabu (18/11/2020).

Selly Mantra menjelaskan, bermain merupakan salah satu kegiatan penting bagi keberlanjutan tumbuh kembang anak usia dini. Karena bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan sehingga anak mau dan suka melakukannya.

Menurut Selly, permainan juga merupakan metode yang baik untuk meningkatkan kognitif (mental) anak. Serta menjadi upaya untuk menolong anak menguasai kecemasan dan konflik.

Selly menguraikan lima jenis permainan yang dapat ditularkan kepada anak yakni; permainan sensorik motor, permainan simbolis, permainan sosial. Selain itu, permainan konstruktif dan games juga dapat diterapkan.

“Dengan bermain, anak usia dini akan terangsang insting kreatifitasnya sehingga mampu mendukung keterampilan dan potensi diri. Yang berguna bagi kehidupan sang anak nantinya,” ungkap Selly Mantra.

Selly berpesan, pandemi Covid19 yang mewabah saat ini membuat para orang tua lebih ekstra dalam menjaga kesehatan anak. Hal ini juga memberikan pengaruh pada kebebasan anak dalam bermain.

Oleh karena itu, para orang tua wajib memberikan ruang bermain yang cukup bagi anak meski ditengah pandemi saat ini. Hal ini dapat dilaksanakan dengan bermain dirumah, mengajak anak bercocok tanam, berkebun. Serta kegiatan lainya yang dapat merangsang interaksi dan penguasaan ide anak.

“Meski ditengah pandemi anak harus tetap memiliki ruang bermain. Hindari memberikan gadget atau gawai kepada anak, akan lebih baik merangsang adanya interaksi dan memberikan ruang eksplorasi. Jadi bermain itu sangat penting bagi tumbuh kembang dan peningkatan kognitif atau mental anak usia dini,” pesannya. (tim/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya