oleh

Lima Warga Banyumas Meninggal Dunia Akibat Bencana Tanah Longsor

Banyumas, Lintasnusanews.com – Lima warga Kecamatan Sumpiah Banyumas Jawa Tengah meninggal dunia akibat bencana tanah longsor pada Selasa (17/11/2020) pukul 02.00 waktu setempat. Empat orang korban berhasil dievakuasi oleh petugas, sedangkan satu lainnya masih dalam proses evakuasi.

“Tanah longsor mengakibatkan 4 unit rumah rusak berat. Bencana yang terjadi dini hari ini dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi serta kontur tanah yang terjal. Dua desa yang terdampak adalah Desa Bogangin dan Banjarpanepen,” ungkap Kepala Pusdatin BNPB, Raditya Jati dalam siaran tertulisnya Selasa (17/11/2020) malam.

Raditya menjelaskan, Tim Reaksi Cepat (TRC) Kabupaten Banyumas melakukan proses evakuasi kepada para korban pasca longsor. Proses evakuasi petugas gabungan dari BPBD, SAR, TNI, Polri, sukarelawan dan warga mengalami kendala.

Hal ini dikarenakan lokasi longsor sulit dijangkau, karena akses jalan utama ke lokasi tertutup material longsor. Warga setempat telah membersihkan material longsor setelah mengevakuasi korban. Bupati Banyumas Achmad Husein telah meninjau lokasi longsor dan mengarahkan petugas untuk penanganan darurat.

Berdasarkan analisis InaRISK, Kabupaten Banyumas termasuk wilayah dengan kategori kelas bahaya sedang hingga tinggi untuk tanah longsor. Sebanyak 22 kecamatan berada pada kawasan bahaya pada kategori tersebut, salah satunya Kecamatan Sumpiuh.

“Dilihat dari konteks risiko, sebanyak 126.734 jiwa merupakan populasi yang terpapar potensi bahaya tanah longsor di kabupaten ini” ujar Raidtya.

Sementara berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG, Kecamatan Sumpiuh berpeluang hujan ringan hingga lebat dalam dua hari ke depan. Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang maupun tanah longsor.

“Masyarakat dapat memantau prakiraan cuaca harian hingga tingkat kecamatan melalui aplikasi Info BMKG. Sehingga setiap keluarga dapat mempersiapkan diri dan mampu terhindar dari bahaya,” pungkasnya. (tim/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya