oleh

Wagub Cok Ace Imbau Pemimpin Dunia Mendengarkan Agenda LSM

Denpasar, Lintasnusanews.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengingatkan para pemimpin dunia agar mendengarkan secara seksama agenda Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Hal ini diungkapkan Wagub saat membuka C20 Summit di kawasan wisata Nusa Dua Bali, Rabu (05/10/2022).

C20 Summit merupakan wadah bagi lembaga swadaya masyarakat (LSM) di seluruh dunia untuk menyuarakan agenda mereka pada level multilateral. Wagub yang akrab disapa Cok Ace ini meyakini bahwa misi para delegasi C20 layak untuk mendapatkan apresiasi dan dukungan dari pemerintah, komunitas lokal, dan sesama LSM lainnya.

”Alasannya agenda-agenda tersebut sangat penting untuk mewujudkan pembangunan yang adil dan kemakmuran yang berkelanjutan,” ujar Wagub Cok Ace.

Menurutnya, para pemimpin dunia perlu mendengarkan dengan seksama agenda-agenda dari LSM dunia selain membicarakan soal politik dan ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah memerlukan pendapat para ahli seputar isu kompleks ini agar dapat menghasilkan kebijakan publik yang lebih baik.

Cok Ace menegaskan, Pemerintah Provinsi Bali berkomitmen penuh mendukung agenda C20 Summit melalui visi pembangunan Bali yakni “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”. Dalam 4 tahun terakhir, banyak perubahan yang telah dilaksanakan baik di bidang infrastruktur maupun suprastruktur.

Wagub memaparkan, Pemerintah Bali menetapkan lima sektor pembangunan prioritas, yakni; pangan sandang papan, kesehatan dan pendidikan. Selain itu, jaminan sosial dan ketenagakerjaan, adat, tradisi, seni dan budaya, juga kearifanlokal, dan pariwisata.

“Kelima sektor prioritas ini sangatlah penting dalam mewujudkan tujuan pembangunan Bali yang lebih baik yakni inklusif, berkelanjutan, dan bertanggungjawab secara spiritual (niskala),”ujarnya,

Tokoh Puri Ubud mengaku, para konsumen di Bali sudah peduli pada lingkungan sehingga dampak negatif dapat dikurangi.

“Hal ini sebenarnya tidaklah mustahil untuk diwujudkan karena kita sekarang memiliki jumlah konsumen yang peduli pada lingkungan. Selain itu, perkembangan teknologi kita juga kini sangat maju. Sehingga dapat membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan. Ekonomi hijau tidak saja baik bagi lingkungan, tapi juga bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

C20 Summit Ajang LSM Dunia Kumpulkan Dokumen dan Rekomendasi

Sementara Chair of C20 Indonesia Sugeng Bahagio mengatakan, ajang ini juga menunjukkan suara dari civil society kepada para pemimpin dunia dalam ajang G20. Selain itu juga menunjukkan pada dunia , testimoni pada dunia, demokrasi yang sehat baik di Indonesia maupun dunia.

“Kami mengumpulkan secara serius suara dari kaum civil society. Kami sangat memperhatikan dan konsen pada perbedaan dan keberagaman yang ada di dunia. Menggunakan metode terbuka untuk mengumpulkan dokumen dan rekomendasi serta usulan kami,” ujarnya

Ia pun menyatakan percaya ajang seperti ini adalah upaya paling tepat untuk pulih dari kondisi dunia saat ini yakni adanya pandemic Covid19 juga peperangan. Pimpinan G20 bisa membuat upaya dan langkah lebih tepat untuk perubahan yang lebih baik.

“Kita punya konsen yang sama dengan suara keberagaman, black matter live, untuk kesetaraan gender, Pelayanan kesehatan bagi kelompok rentan, termasuk akses vaksinasi bagi masyarakat renta dan disabilitas. G20 adalah harapan terbaik kita, di tengah kondisi global saat ini,” pungkasnya. (boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya