oleh

Indonesia-Vatikan Bertekad Baharui Komitmen Jaga Perdamaian

Roma, Lintasnusanews.com – Kunjungan 24 delegasi Indonesia yang dipimpin Kepala Bidang Intelijen dan Keamanan, Agung Budi Maryoto, bersama Tokoh Lintas Agama Islam dan Katolik dari berbagai Ormas ke Kantor Vatikan, Roma, Italia beberapa waktu lalu membawa dampak positif. Dalam dialog lintas agama itu, semua pihak bertekad memperbaharui komitmen untuk perdamaian, kerukunan, persatuan dan Kesatuan NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika.

Hal ini disampaikan Anggota Dewan Penasehat Kepausan Untuk Dialog Lintas Agama, Pastor Markus Solo Kewuta,SVD, melalui pesan Whatssapp dari Vatikan, Roma, Italia, kepada lintasnusanews.com, Jumat (19/07/2019).

“Iya, kunjungan yang diprakarsai Markas Besar (Mabes) Polri di Jakarta, bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Vatikan, Agus Sryono dan Kantor Dewan Kepausan untuk Dialog Antar Umat Beragama kali ini sungguh berkontribusi membuat Kami bertekad membaharui komitmen untuk menjaga Perdamaian, Kerukunan, Persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika,” kata pastor Markus yang juga menjabat sebagai Direktur Desk Islam Asia Pasific yang berkedudukan di Tahta Suci Vatikan.

Pastor asal Indonesia, dari sebuah kampung kecil Lewouran, Flores Timur-NTT itu, mengatakan, misi delegasi kali ini semakin diperkuat ketika berdialog tentang berbagai hal di tanah air dan dunia internasional. Pembahasan delegasi juga termasuk sejumlah kejadian dan upaya dialog antar umat beragama.

Untuk memperkuat tekad bersama, rombongan juga dibawa masuk ke dalam Basilika Santo Petrus Vatikan, sekaligus mendapatkan penjelasan tentang segala sesuatu yang berada di dalamnya.

“Mereka terlihat bergembira dengan suasana di dalam Basilika Santo Petrus Vatikan. Semoga kunjungan ini membawa pesan baru bagi rakyat Indonesia untuk semakin memperkuat komitmen menjaga Perdamaian, Kerukunan, NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika,” kata Pastor yang akrab disapa Padre Marco, sambil menitipkan salam hangatnya bagi seluruh rakyat Indonesia. (Ola)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya