oleh

KSP Pastikan Tol Pasuruan – Probolinggo Dukung Arus Mudik Lebaran 2023

Probolinggo, Lintasnusanews.com – Pemerintah tengah mengebut penyelesaian pembangunan tol jalur Pasuruan – Probolinggo Timur Gending sepanjang 8,5 km yang dibangun sejak tahun 2019 lalu. Kantor Staf Presiden (KSP) memastikan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro) Seksi 4A akan difungsikan April 2023 mendatang.

“Progres fisik pada Seksi 4A telah mencapai 95 persen. Nantinya, bagian ini akan dibuka secara fungsional untuk mendukung arus mudik dan arus balik Lebaran 2023,” ungkap Tenaga Ahli Utama KSP, Helson Siagian di Probolinggo, Kamis (09/03/2023).

Helson mengatakan, Tol Paspro merupakan salah satu ruas utama dari Jalan Tol Trans Jawa. Selain itu, menjadi pintu masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo – Tengger – Semeru. Jalan tol ini juga akan meningkatkan konektivitas wilayah serta mendukung distribusi logistik dan mobilitas masyarakat.

KSP juga berharap, pemerintah daerah dapat memanfaatkan keberadaan Tol Paspro dengan membangun sentra – sentra ekonomi dan kawasan produksi rakyat di sepanjang koridor jalan tol.

“Kita optimistis Tol Paspro akan mampu menggerakkan roda perekonomian di kawasan Jawa Timur,” ujarnya.

Sementara Direktur Teknik PT Transjawa Paspro Jalan Tol, Heri Supriyadi, mengatakan, tarif tol yang akan difungsikan April mendatang sangat terjangkau. Adapun tarif untuk kendaraan Golongan I kurang lebih dibanderol sebesar Rp 1.000 per km.

“Tarif jalan tol ini relatif terjangkau. Guna memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menikmati manfaat dari infrastruktur yang telah dibangun,” katanya.

Sebagai informasi, Tol Paspro sepanjang 43,75 km terdiri dari empat seksi, yaitu Seksi 1 Grati Pasuruan – Tongas, Seksi 2 Tongas – Probolinggo Barat. Selanjutnya, seksi 3 Probolinggo Barat – Probolinggo Timur, dan Seksi 4A Probolinggo Timur – Gending.

Ruas ini dikelola oleh PT. Transjawa Paspro Jalan Tol selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan dikerjakan oleh PT. Waskita Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor pelaksana. Nantinya, ruas ini akan tersambung dengan Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi yang telah melalui groundbreaking bulan lalu. (rls/edo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya