oleh

Pemerintah Targetkan Tol Serpan Rampung Maret 2024

Jakarta, Lintasnusanews.com – Pemerintah menargetkan pembangunan Tol Serang-Panimbang (Serpan) rampung pada bulan Maret 2024. Jalan tol sejauh 83,67 kilometer tersebut diharapkan dapat meningkatkan akses menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon.

Tol Serpan terdiri dari tiga seksi. Seksi 1 ruas Serang-Rangkasbitung, Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles, dan Seksi 3 Cileles-Panimbang. Seksi 1 sendiri telah diresmikan dan beroperasi sejak 16 November 2021.

Sementara Seksi 2, saat ini proses pembangunannya sudah mencapai 70 persen untuk pengadaan tanah, dan 51 persen untuk pengerjaan konstruksi. Sedangkan pada Seksi 3, pengadaan tanah mencapai 78 persen, dan pengerjaan konstruksi baru 13 persen.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Helson Siagian menjelaskan, tol ini juga akan memacu pengembangan wilayah dan pemerataan pembangunan, khususnya di Banten Selatan.

“Memang ada sedikit penyesuaian dari jadwal semula. Tapi kami (KSP) sedang mengevaluasi kemungkinan-kemungkinan percepatannya,” ungkap Helson di gedung Bina Graha Jakarta, Senin (19/06/2023).

Helson menjelaskan, hasil monitoring dan evaluasi di lapangan, KSP mendapati beberapa persoalan yang masih mengganjal proses pembangunan Tol Serpan. Yakni terkait pembebasan lahan dan pendanaan untuk penyelesaian konstruksi pada Seksi 3B.

“Semula pembebasan lahan sebenarnya sudah hampir selesai. Tapi belakangan ada kebutuhan lahan tambahan sehingga butuh waktu lagi untuk penyelesaiannya. Terkait pendanaan di Seksi 3B, pemerintah masih mencari sumber pendanaan alternatif,” jelasnya.

Sebelumnya pada Sabtu 17 Juni 2023, KSP menggelar rakor dan kunjungan lapangan ke PSN Tol Serpan, di Rangkasbitung, Lebak Banten. Rakor dihadiri Asisten Deputi Infrastruktur Dasar Kemenko Marves, Rahman Hidayat, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Sudaryanto. Selain itu, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Banten, Wahyu Supriyo Winurseto, dan Direktur Utama PT Wijaya Karya Serang Panimbang, Iwan Juliansyah. (rls/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya