oleh

Pimpinan Parpol dan Stakeholder di Bali Sepakat Patuhi Aturan Pemilu 2024

Denpasar, Lintasnusanews.com – Pimpinan partai politik (Parpol), penyelenggara pemilu dan stakeholder di Bali bersepakat mematuhi peraturan selama proses tahapan pemilu 2024. Kesepakatan ini dinyatakan dalam apel gelar pasukan dan deklarasi pemilu damai di Monumen Bajra Sandhi, Renon Denpasar, Rabu (08/11/2023).

Naskah deklarasi yang dibacakan Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Bali Ketut Aryani itu tertuang sejumlah point. Diantaranya, bersama menjaga kondusifitas, menaati peraturan perundangan demi mewujudkan pemilu yang jujur adil dan menjaga kerahasiaan.

“Satu, peserta pemilu menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dam Undang-Undang Dasar 1945. Dua, mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Tiga, melaksanakan seluruh tahapan pemilu 2024 secara demokratis dalam suasana kondusif dan penuh persaudaraan. Dan empat, Patut dan taat kepada seluruh ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku selama proses penyelenggaraan tahapan pemilu 2024,” seru Ariyani yang kemudian diikuti seluruh peserta apel.

Apel gelar pasukan di Monumen Bajra Sandhi itu dipimpin langsung Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi. Pangdam Udayana dalam sambutannya berharap, deklarasi seluruh komponen masyarakat terutama di Bali ini dapat menciptakan suasana yang damai dan mewijudkan demokrasi yang bermartabat pada pemilu tahun 2024.

Saya menghimbau seluruh komponen masyarakat Bali untuk mematuhi dan tetap mentaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku, Kodam IX/Udayana siap untuk melaksanakan pengamanan Pemilu 2024 dengan bersinergi bersama pihak Kepolisian dan Pemda, serta instansi terkait lainnya,” ungkap Harfendi.

Selain pembacaan naskah deklarasi pemilu damai, gelaran apel juga ditandai dengan penandatangan kesepakatan bersama yang tertera di papan yang telah disiapkan. Ikut bertandatangan, Pj. Gubernur Bali, Kapolda Bali, Kajati Bali, Ketua DPRD Provinsi Bali, Kabinda, Ka BNN, Danrem 163/WSA. Selain itu, Danlanal Denpasar, Danlanud Ngurah Rai, Ketua FKUB Provinsi Bali, KPU, Bawaslu, Kapolresta Denpasar, para ketua parpol peserta pemilu.

Kasad Ingatkan Personil TNI AD Profesional Mengawal Pemilu 2024

Sementara gelar pasukan secara nasional digelar secara virtual dan diikuti secara virtual serentak Kodam se-Indonesia dari di Lapangan Silang Monas, Jakarta. Apel dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Dalam amanatnya, Kasad mengingatkan personil TNI profesional dalam mengamankan pemilu. Menurutnya, pelaksanaan tugas pokok TNI AD tidak terlepas dari dinamika perkembangan lingkungan strategis.

Oleh karena itu, apel gelar pasukan ini memiliki makna yang sangat penting untuk mengukur kesiapsiagaan satuan TNI AD, dalam mengawal pesta demokrasi tahun 2024 mendatang.

“Pada kesempatan yang baik ini pula, kita berkomitmen bersama menyatukan tekad melalui deklarasi pemilu damai. Guna mewujudkan demokrasi yang bermartabat. Saya memastikan bahwa TNI AD menjunjung tinggi komitmen netralitas dalam menghadapi tahun politik 2024,” tegas Kasad. (rls/edo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya