oleh

Menkopolhukam: Tanamkan Ideologi Pancasila, Kita Semua Bersaudara

Manokwari, LNN – Menkopolhukam Wiranto, bersama Kapolri Jendral Tito Karnavian dan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto mengunjungi Manokwari Papua Barat, Kamis (22/08/2019) siang. Dalam kunjungan kerjanya Wiranto berjanji menindaktegas siapapun yang melanggar hukum dan mengajak masyarakat Papua menanamkan Ideologi Pancasila demi keutuhan bangsa.

“Kami datang ke sini bukan mengawasi tapi menyalami. Menyalami itu artinya itu apa, disitu ada semangat kebersamaaan, semangat persaudaraan. Jadi setelah kami datang kemari, bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama. Kami balik kanan mudah-mudahan kondisi lebih baik lagi, kondisi lebih stabil lagi, kondisi pulih seperti sediakala. Kami datang kemari itu kembali mengingatkan,menyadarkan bahwa kita semua bersaudara,” ujar Menkopolhukam Wiranto saat dialog dengan tokoh masyakarat Papua di salah satu Hotel di Kota Manokwari, Kamis (22/08/2019) siang.

Baca Juga: Pasca Insiden Pembakaran, Staf Ahli Gubernur Papua Barat Minta Jokowi Turun

Wiranto juga mengajak masyarakat Indonesia agar saling menghargai antar sesama sebagai anak bangsa. Saling menghargai perbedaan dan menjaga kesantunan.

“Mari kita tanamkan kembali semangat Ideologi Pancasila, sebagai Ideologi Negara, sebagai pegangan hidup. Agar perilaku manusia indonesia ada tolerannya, ada kesantunannya, ada penghormatan kepada masyarakat mayarakat lain dan suku-suka lain.

Wiranto menegaskan, pemerintah melalui aparat keamanan akan mengambil tindakan tegas terhadap oknum-oknum yang melanggar hukum baik itu melontarkan kata-kata diskriminasi maupun tindakan menghina Bendera Merah Putih.

“Kita akan menindak atau memberikan sanksi hukum kepada siapapun yang nyata-nyata melanggar hukum. Kalau kapan itu, nanti urusan Polisi. Pak Tito yang akan melaksanakan langkah-langkah itu,” tegas Wiranto didampingi Kapolri dan Panglima TNI.

Wiranto berharap, setelah diadakan pertemuan dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama di Manokwari dapat memulihkan kondisi wilayah Papua Barat umumnya. Wiranto jgua mengajak seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial. Dengan demikian, toleransi dan harmonisasi itu dapat tercipta di antara sesama anak bangsa.

Sementara Kapolri, Jenderal Tito Karnavian menjelaskan, penambahan personil BKO Polri di wilayah Papua Barat untuk membantu pengamanan daerah hingga benar-benar kondusif. Diakuinya, saat ini 10 satuan setingkat pleton dengan jumlah personil 1000 orang, telah diperbantukan ke Provinsi Papua Barat.

“Pasukan itu disebar ke beberapa wilayah seperti di Manokwari, Sorong dan Kabupaten Fakfak. Akan sampai dengan kondusif,” kata Kapolri.

Turut hadir dalam dialog kunjungan kerja Menkopolhukam; Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan; Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak dan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Joppye O Wayangkau. (Weking)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya