oleh

Ombudsman Bali Sidak Sejumlah TPS Jelang Pilkada Serentak 09 Desember

Denpasar, Lintasnusanews.com – Ombudsman RI Provinsi Bali melakukan inspeksi mendadak (sidak) sejumlah TPS di Kota Denpasar jelang pemungutan dan perhitungan suara Pilkada Serentak 09 Desember besok. Ombudsman ingatkan penyelenggara Pilkada di enam kabupaten/kota se-Bali harus memastikan kelancaran proses pemungutan dan perhitungan suara dan disiplin protokol kesehatan (prokes)

“Kita minta agar semua penyelenggara dapat menjamin keberlangsungan pilkada serentak ini berjalan dengan lancar dan demokratis,” ungkap Umar Ibnu Alkhatab, Selasa (08/12/2020) di Denpasar.

Umar mengatakan, bagi Ombudsman, penyelenggaraan yang lancar dan demokratis akan menggambarkan kesiapan penyelenggara. Selain itu, menaikkan tingkat kepercayaan publik terhadap hasil pilkada serentak 2020.

“Hasil pilkada sangat ditentukan oleh kesiapan penyelenggara dan itu akan meningkatkan tingkat kepercayaan publik. Apalagi pelaksanaan pilkada kali ini dilakukan di tengah pendemi Covid19,” ujarnya.

Ombudsman Bali melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah TPS Kota Denpasar untuk memastikan perlengkapan penyelenggara pemilu dan protokol kesehatan.

“Malam ini kami keliling melihat kesiapan petugas TPS. Astungkara, petugas di beberapa TPS yang kami datangi telah menyatakan siap menghadirkan sebuah pilkada yang nyaman dan aman,” ujarnya.

Ombudsman Bali juga mengecek kelengkapan alat kesehatan yang akan digunakan saat pemungutan suara besok. Dari hasil pengecekan, Ombudsman melihat semua alat kesehatan yang akan digunakan sudah didrop oleh pihak penyelenggaraan yakni KPU.

“Bagus sekali, kita yakin bahwa penyelenggaraan besok tidak akan menyalahi protokol kesehatan. Karena semua kelengkapan terkait itu sudah ada di masing-masing TPS, dan petugasnya sudah dilatih untuk menggunakannya,” terang Umar.

Umar berharap, dengan kesiapan penyelenggara pilkada yang matang, tidak menimbulkan masalah dalam proses pemungutan dan perhitungan suara maupun klaster baru pilkda.

“In syaa Allah besok Ombudsman Bali akan turun mengawasi pelaksanaan pemungutan suara. Tentu kita berharap tidak ada oknum yang menciderai pelaksanaannya,” pungkasnya. (tim/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya