oleh

Pinjaman Daerah Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Sikka NTT

Maumere, Lintasnusanews.com – Pinjaman daerah Kabupaten Sikka NTT yang sempat jadi polemik hingga akhirnya disetuji DPRD, bertujuan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah. Hal ini disampaikan Camat Bola Akulinus saat membacakan pidato Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo pada upacara bendera HUT RI ke-76 di Tanjung Watukrus Bola, Selasa (17/08/21) pagi.
Akulinus menjelaskan, pandemi Covid19 yang melanda sendi-sendi kehidupan masyarakat, membutuhkan tambahan dana memulihkan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah daerah meminjam dana senilai Rp. 216.254.813.000 dari pihak ketiga PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI).
Pinjaman daerah ini sebagai alternatif sumber pembiayaan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dijelaskan bahwa sebelumnya pada 4 agustus 2021 yang lalu telah dilakukan
penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKs) antara Pemkab Sikka dengan PT SMI.
Selanjutnya pinjaman daerah ini digunakan untuk membiayai pembangunan sarana prasarana kesehatan dalam melayani masyarakat. Pembangunan itu dirincikan antara lain, pembangunan Rumah Sakit Pratama dan Pembangunan Pustu Plus. Selain itu juga biaya rehabilitasi Puskesmas Pembantu (Pustu) serta penyediaan sarana dan prasarana untuk layanan rujukan.
Pembangunan lain yang bersumber dari pinjaman daerah itu untuk pembiayaan pembangunan jaringan pipa air minum bersih sepanjang 101.680 meter. Hal ini tentunya dengan sambungan rumah (SR) sebanyak 6.830 sambungan.
Sementara pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 149,04 km di 21 kecamatan yang menyambungkan akses 147 desa dan 13 kelurahan. Pemerintah Kabupaten Sikka NTT saat ini tengah mempersiapkan administrasi untuk proses pelelangan sejumlah proyek tersebut.
Bupati Sikka melalui Camat Bola berharap, masyarakat Sikka ikut mengawasi seluruh proyek pembangunan yang direncanakan. Dengan demikian, kualitas pekerjaan yang baik, akan bermanfaat bagi masyarakat.
“Saya berharap agar seluruh komponen masyarakat Kabupaten Sikka ikut serta mengawasi pelaksanaan pembangunan. Semoga pekerjaan yang sudah kita rencanakan ini dapat diselesaikan dengan baik. Dan bermanfaat untuk masyarakat
Kabupaten Sikka,” ungkap Camat Bola, Akulinus mengutip pidato Bupati Robi Idong.
IKLAN

Pemkab Sikka Komitmen Prioritas Pengembangan Ekonomi Tahun 2022 Mendatang

Camat melanjutkan, pada tahun 2022 nanti pemerintah berkomitmen memprioritaskan pengembangan ekonomi. Hal ini ditunjuang dengan beberapa kebijakan yakni ketahananan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. Sehingga terwujudnya keadilan dengan mengedepankan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.
Sementara dalam melaksanakan kebijakan dimaksud, pemerintah akan fokus pada revitalisasi industri berbasis pertanian atau
Agroindustri. Selain itu, kebijakan pemullihan sektor pariwisata melalui pendekatan atraksi, aksesbilitas, amenitas, akomodasi dan aktivitas.
Sedangkan pada sektor perikanan, pemerintah menitikberatkan pada perikanan tangkap dan budidaya. Demi mendukung berbagai kebijakan tahun 2022,  pemerintah terus melakukan peningkatan kerjasama. Dalam rangka peningkatan investasi di berbagai sektor dengan didukung oleh ekosistim digital yang berkualitas.
“Inilah rencana-rencana kerja kita ke depan yang membutuhkan  perjuangan, kerja keras, komitmen dan kerjasama seluruh elemen yang ada di Nian Sikka Tercinta. Saya yakin, melalui perjuangan, kerja keras, komitmen dan kerjasama kita semua, maka kita akan bisa mewujudkan visi pembangunan daerah menuju Sikka bahagia,” papar Camat mengutip pidato Bupati. (rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya