oleh

Temukan Jalan Wai Paar Rusak Berat, Anggota DPRD Sikka Bantu Semen

Maumere, Lintasnusanews.com – Anggota DPRD Sikka NTT Wenseslaus Wege membantu puluhan sak semen untuk semenisasi jalan rusak di Desa Persiapan Wai Paar Kecamatan Talibura. Bantuan ini spontan disampaikan politisi Partai Hanura, saat kunjungan kerja.

“Saya datang untuk melihat langsung jalan ini dan ternyata sangat sulit dan esktrim. Atas keluhan warga masyarakat ini, saya hanya memberikan bantuan berupa semen. Untuk bisa mengerjakan titi-titik rawan ruas jalan ini. Agar dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat,” ungkap Wens, Sabtu (28/08/2021).

Ruas jalan Wai Paar selama ini digunakan masyarakat 212 kepala keluarga, namun hingga kini belum ada bantuan semenisasi maupun aspal. Oleh karena itu menurut Wens, jalan sepanjang 17 kilometer yang rusak ini segera diperbaiki untuk memudahkan akses masyarakat.

Penjabat Kepala Desa Persiapan Wai Paar, Marianus Dare mengaku, masyarakat setempat berjalan kaki puluhan kilometer saat membutuhkan layanan kesehatan Puskesmas Talibura. Mirisnya kata Marianus, ada ibu hamil yang hendak melahirkan terpaksa harus ditandu menuju puskesmas.

“Kesulitan mendasar bagi warga desa persiapan sini ya akses jalan yang sangat sulit. Ruas jalan sangat ekstrim. Ketika ada ibu hamil yang hendak melahirkkan, terpaksa harus ditandu menuju rumah sakit. Ini karena kendaraan tidak bisa masuk ke desa ini,” kata Marianus.

Marianus menjelaskan, Wai Paar merupakan pecahan dari induk Desa Wailamun. Desa persiapan ini memiliki tiga dusun yakni Dusun Kajo Wain, Dusun Lewo Mudat, dan Dusun Nata Gelo Klatang. Desa ini juga memiliki dua sekolah dasar yakni SDK Wai Paar dan SDI Klatang.

Selain Jalan Rusak, Warga Wai Paar Kesulitan Listrik

Selain kesulitan akses jalan, warga setempat juga kesulitan penerangan listrik. Selama ini warga setempat masih menggunakan lampu pelita. Menurtunya, layanan listrik PLN berjarak kurang lebih 9 kilometer yang melintasi jalan Trans Flores, Maumere – Larantuka Flores Timur.

“Mewakili masyarakat, saya ucapkan terimakasih atas bantuan anggota DPRD Sikka Wenseslaus Wege. Sebagi wakil rakyat bisa melihat langsung kondiosi ruas jalan di desa ini. Sehingga dengan bantuan semen ini kami akan mengerjakan terlebih dahulu pada titik titik rawan,” jelas salah satu ketua RT, Marsialis Minggus.

Hal senada disampaikan Kepala Dusun Kajo Wain, Bertolomeus Tolo. Menurutnya, potensi komoditi pertanian desa ini sangat menjanjikan seperti jambu mente, pisang dan kemiri. Namun semua hasil pertanian itu tidak dapat dijual ke kota, hanya karena akses jalan yang sulit.

“Kendalanya karena akses jalan yang sulit. Padahal hasil komoditi disini seperti kemiri, jambu mente tidak bisa kami jual. Kami berharap pemerintah melalui DPRD Sikka dapat membantu untuk mebangun ruas jalan menuju Desa Persiapan Wai Paar ini,” jelas Bertolomeus.

Penulis: Karel Pandu

Editor: Ambros Boli Berani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya