oleh

Titik Nol Ibukota Negara Ditempatkan Kendi Berisi Air & Tanah Berlambang Garuda Pancasila

Penajam Paser Utara, Lintasnusanews.com – Presiden Jokowi menyatukan tanah dan air dari 34 provinsi kedalam kendi yang diletakkan di dalam Titik Nol Ibukota Negara (IKN) yang bakal bernama Nusantara. Ritual Kendi Nusantara itu digelar di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/03/2022).
Lukisan kendi tersebut terpampang lambang negara Pancasila dan bertuliskan Indonesia 2022 di bawahnya. Sejumlah gubernur se-Indonesia membawa tanah dari lokasi bersejarah di daerah masing-masing, disatukan dalam Kendi Nusantara yang diletakkan di titik nol Ibukota Negara.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membawa tanah dari Kampung Akuarium, Jakarta Utara. Provinsi Bengkulu juga menyetor tanah bersejarah. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah membawa tanah dari rumah pengasingan Proklamator RI, Sukarno.

Pemerintah Kolonial Belanda mengasingkan Bung Karno ke Bengkulu pada 1947-1942. Pada masa pengasingan itu, Bung Karno bertemu dengan calon istrinya, Fatmawati.

Provinsi lainnya yang membawa tanah bersejarah adalah Papua dan Jawa Barat. Pemprov Papua menyetor tanah yang berasal dari 29 wilayah. Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan tanah yang dihimpun dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Sebelum diisi ke dalam kendi, tanah dan air tersebut melalui proses ritual, seperti dilansir CNN Indonesia. Tampak hadir Gubernur NTT Viktor Laiskodat membawa air yang sudah diproses melalui ritual lokal.

Selanjutnya Jawa Timur menyerahkan air dan tanah peninggalan Kerajaan Majapahit. Gubernur Jatim Khofifah Indarparawansa mengatakan air dan tanah dari Majapahit dibawa ke IKN karena memiliki nilai sejarah yang besar. Pasalnya kata ‘Nusantara’ merupakan bagian dari Sumpah Palapa yang diikrarkan oleh Mahapatih Gajahmada.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor juga membawa tanah yang telah melalui ritual Ngalak Air. Tanah yang disetor Isran berasal dari wilayah Kesultanan Paser.

Tanah dan air itu dihimpun Jokowi dalam sebuah kendi. Ritual Kendi Nusantara itu menjadi simbol penyatuan seluruh daerah di Indonesia. Selain itu, prosesi ini sebagai penanda dimulainya pembangunan ibu kota baru. (boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya