oleh

Moeldoko : Ibu Kota Nusantara (IKN) Bentuk Konkrit Pemerataan Pembangunan

Jakarta, Lintasnusanews.com – Pembangunan dan pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) wujud nyata dan bentuk konkrit dari sebuah  demokrasi demi pemerataan pembangunan. Hal ini diungkapkan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko saat menerima kedatangan pengurus organisasi kepemudaan (OKP) Pemuda Demokrat Indonesia di gedung Bina Graha Jakarta, Jumat (22/04/2022).

Menurut Moeldoko, manifestasi dari sebuah demokrasi adalah keadilan sosial untuk masyarakat. Oleh karena itu, pembangunan dan pemindahan IKN berorientasi pada Indonesia sentris. Demi pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“IKN ini merubah orientasi dari jawa sentris menjadi menjadi Indonesia Sentris. Ini sebuah konsep keadilan yang luar biasa yang di bawa bapak Jokowi,” tegas Moeldoko dalam siaran pers KSP, Sabtu (23/04/2022).

Mantan Panglima TNI 2013-2015 itu menegaskan, pembangunan dan pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) juga sebuah keseimbangan baru. Karena bisa menjadi solusi sekaligus tantangan.

“Menjadi solusi maksudnya, IKN akan menyelesaikan berbagai persoalan masa lalu, dan IKN sekaligus juga menjawab tantangan masa depan. Seperti tantangan water security dan energy security,” katanya.

Moeldoko juga menyampaikan, pembangunan IKN akan segera dilakukan. Menyusul sudah ditandatanganinya enam peraturan turunan UU IKN. Yakni dua Peraturan Pemerintah (PP) dan empat Peraturan Presiden (Prepres).

“Rencananya Minggu depan akan dirilis oleh Bappenas,” ujarnya.

Sementara Ketua Umum DPP Pemuda Demokrat Indonesia Bahar Farawowan menyampaikan, pembangunan dan pemindahan IKN menjadi isu yang akan terus digaungkan oleh para kader organisasi kepemudaan. Pihaknya juga akan gencar mensosialisasikan Undang-Undang No. 3 tahun 2022 tentang Ibu Kota Nusantara (IKN).

“IKN ini sebuah cita-cita luhur dari bung Karno yang bisa diwujudkan di era Presiden Jokowi. Pemuda Demokrat Indonesia siap mengawal program superprioritas ini jenderal,” ujar Baharudin.

Sebagai informasi, Pemuda Demokrat Indonesia sebuah organisasi kepemudaan di Indonesia, yang didirkan pada 1947. Organisasi yang dulunya bernama Pemuda Marhaen ini, ikut andil dalam terbentuknya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). (tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya