oleh

Selly Mantra: Inovasi Desain Kemasan Produk Pengaruhi Pasar Digital

Denpasar, Lintasnusanews.com – Kemasan produk UKM di era pasal digital sangat menentukan keputusan konsumen dalam membeli produk. Hal ini disampaikan Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Selly Dharmawijaya Mantra saat membuka Webinar Inovasi Desain Kemasan Produk Lokal Menembus Pasar Digital di Denpasar, Jumat (23/10/2020).

Webinar ini digelar untuk memberikan pemahaman kepada pemilik UKM di Denpasar, karena masih banyak yang belum memperhatikan kemasan produknya. Menurut Sellu, masih ditemukan lemahnya daya saing produk lokal dalam persaingan pasar global.

Menurut Selly, kemasan produk berfungsi sebagai identitas produk, sehingga harus menambah daya tarik pembeli. Selain itu sebagai sarana promosi bagi konsumen, juga alat informasi dan komunikasi sehingga meningkatkan daya saing produk.

“Apa lagi di era digitalisasi seperti sekarang ini. Cara yang dapat diambil pemasar yaitu dengan memanfaatkan internet dalam proses produksi kemasan. Dan mempromosikan produk melalui sosial media seperti Facebook dan Instargram, itu sangat cepat di masa saat ini,” ungkapnya.

Selly menambahkan, kemasan yang baik dan menarik tidak selalu identik dengan harga kemasan yang mahal. Meskipun pengemasan biasa, namun kemasan yang dirancang dengan desain label yang baik akan mampu bersaing di pasar modern.

Dinas Perindag Harapkan Inovasi Kemasan Produk Pasar Digital

Kepala Dinas Perindag Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari mengatakan, pihaknya terus mendorong para pelaku UKM untuk memperbaiki dan mempercantik desain kemasan dari produk mereka. Karena itu diharapkan pelaku UKM yang mengikurti webinar ini dapat memperbaiki kemasan produk yang akan dipasarkan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan sudut pandang baru maupun model desain kemasan yang akan memicu munculnya ide-ide yang kreatif dari UKM dan pelaku usaha. Nantinya dapat menjadi trend tersendiri dimasyarakat tanpa meninggalkan keunikan dan budaya lokal kita,” ujarnya.

Webinar ini digelar atas kerjasama Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Institut Desain dan Bisnis Bali dan Universitas Udayana Bali. Webinar menghadirkan pembicara dari Dosen Fakultas Pertanian Unud, Ni Wayan Sri Sutari dan Dosen Desain Komunikasi Visual, Institut Desain dan Bisnis Bali, I Komang Angga Maha Putra. (tim/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya