oleh

Jelang Pujawali di Pura Jagatnatha, Umat Diimbau Memuja dari Rumah

Denpasar, Lintasnusanews.com – Upacara piodalan atau Pujawali di Pura Agung Jagatnatha Denpasar yang jatuh pada purnama kelima 31 Oktober mendatang, umat Hindu Bali diimbau untuk memuja dari rumah. Pemerintah Kota Denpasar memastikan, upacara piodalan digelar hanya sehari karena kasus Covid19 masih tinggi.

Pemerintah mengimbau umat yang hendak ke Pura wajib menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid19 secara ketat. Selanjutnya umat diwajibkan memakai masker dengan benar, menjaga jarak sosial dan selalu mencuci tangan untuk mengantispasi penyebaran Covid19.

“Pujawali tetap dilaksanakan dengan tidak mengurangi makna. Namun mengingat saat ini kita sedang berada pada masa penanganan Covid19, maka pujawali dilaksanakan hanya sehari saja dan Ida Bhatara tidak nyejer. Pengaturan jarak pengecekan suhu tubuh dan penggunaan masker akan diawasi secara ketat,” ungkap Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Raka Purwantara, Selasa (27/10/2020).

Raka menjelaskan, sesuai surat edaran PHDI dan Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali, rangkaian pelaksanaan pujawali kali ini turut dipermaklumkan empat poin utama. Pujawali di Pura Jagatnatha Denpasar akan dilaksanakan selama sehari mulai pukul 10.00 -17.00 Wita.

Dijelaskan, piranti penunjang upacara (uperengga) akan dibatasi termasuk meniadakan tari wali dan tetabuhan gambelan. Selain itu, personil pendukung penyelenggaraan upacara juga akan dibatasi dengan melibatkan pemangku, serati banten, pecalang, pesantian. Serta pengayah yang terdiri atas penyuluh Agama Hindu dan Bahasa Bali dengan jumlah yang tidak lebih dari 75 orang.

Raka mengimbau masyarakat umum yang hendak nangkil, dapat melaksanakan pemujaan atau ngayat dari rumah masing-masing.

“Kami mengajak masyarakat untuk ngayat dari rumah atau merajan masing-masing. Sebagai upaya mendukung percepatan penanganan dan pencegahan penularan Covid19. Atas kondisi ini kami memohon permakluman demi kebaikan kita bersama,” pungkasnya.

Penulis/Editor: Ambros Boli Berani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya