oleh

Ziarah Wali di Bali Diramaikan Ratusan Anggota Club Motor

Denpasar, Lintasnusanews.com – Touring Club Motor Pecinta Ziarah Wali di Bali diramaikan para pencinta motor. Hal ini ditandai dengan antusiasme para pencinta motor menyambut rombongan ziarah yang digagas Ketua Umum Forum Peduli NKRI Mocka Jadmika dan Irwan Rifki Pengurus DPP Forum Peduli NKRI ini

“Bahkan tokoh besar religius dan terkenal sebagai pemuka agama islam yang dikenal nasionalis dari Jembrana. Habib Salim Bafaqih tidak ketinggalan merespon kegiatan positif ini,” ungkap Mocka Jadmika, Senin (07/09/2020) di Denpasar.

Jadmika menjelaskan, momen Touring Motor Pecinta Ziarah Wali yang ketiga, Minggu (6/9/2020) kemarin mengambil rute Jembrana ke Bukit Bedugul. Dengan dukungannya Habib Salim Bafaqih ikut menjadi peserta dalam touring lr makam wali 7 di Bedugul.

“Di Bedugul rombongan berziarah ke salah satu makam wali 7 di Bali, Habib Umar bin Maulana Yusuf Al Maghribi,” jelasnya.

Pencinta Motor dari Umat Hindu dan Kristen Ikut Rombongan Ziarah

Touring Pecinta Ziarah Wali tidak saja diikuti ratusan masyarakat umum. Ziarah juga diikuti anggota club motor seperti club motor Suzuki Satria F150, Honda 70, Kymco, Nmax, Byson dan beberapa club motor lainnya.

Tidak hanya umat Islam saja yang menjadi peserta touring tetapi juga ada umat Hindu dan Umat Kristen juga ikut serta.

“Mereka berasal dari Jembrana, Denpasar dan Tabanan. Peserta sangat antusias dengan model ziarah gaya baru yang kita gagas ini,” ujarnya.

Dijelaskan pula, ide ini berawal dari sebuah amanah yang diberikan oleh Habib Luthfi bin Yahya (Pekalongan). Untuk mensejahterahkan makam-makam para wali penyebar Islam di Bali juga situs-situs sejarah di Bali.

“Karena untuk mencintai bangsa ini, kita harus memahami dan mempelajari sejarah bangsa dengan mengajak kaum milenial. Maka tercetuslah ide tersebut, apalagi motor kan identik dengan kaum muda tersebut,” katanya.

Di tempat yang sama Habib Salim berpesan agar Touring Motor Pecinta Ziarah Wali dijadikan budaya baru.

“Kegiatan ibadah bukan hanya sekedar sebuah ritual. Tetapi juga ungkapan rasa syukur kita kepada para leluhur kita yang sudah membuat kita bisa hidup di Bali dengan damai sampai saat ini,” ucapnya.

Dandim Jembrana Dukung Ziarah Wali ke-3 di Bali

Sebelum peserta touring motor diberangkatkan, perwakilan Kodim 1617/Jembrana Letkol (Inf) Hasrifuddin Haruna memberi sambutan mewakili Dandim Jembrana.

“Bapak Dandim berpesan bahwa kegiatan positif ini harus kita respon dengan positif. Karena dari kegiatan inilah Bali bisa lebih dikenal lagi tidak hanya dari wisata alam dan budayanya tapi juga keberadaan situs-situs sejarahnya. Pak Dandim juga pesan selama di perjalanan tetap mengutamakan keselamatan berlalu lintas,” tuturnya.

Selain itu, Dandim Jembrana juga berpesan kepada peserta touring dan seluruh lapisan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Sementara Irwan Rifki selaku ketua rombongan touring menyatakan jika kegiatan ini dapat terlaksana dengan sukses. Para peserta tiba di Bukit Bedugul dengan selamat dan menjalankan kegiatan di Bukit Bedugul hingga pukul 17.00 Wita.

“Kami akan terus menggiatkan Touring Ziarah Wali ini rutin tiap 2 minggu sekali. Dan kami juga akan touring motor ke tempat-tempat situs sejarah yang ada di Bali. Insya Allah Touring Club Motor Pecinta Ziarah Wali akan touring ke Istana Tampak Siring dengan tajuk ‘Touring Motor Mengikuti Jejak Bung Karno di Bali,” kata Irwan. (awd/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya