oleh

Pantau Casis Angkatan Laut di Lanal Maumere, Bupati Sikka Apresiasi 95% Putera Daerah

Maumere, Lintasnusanews.com – Bupati Sikka NTT Fransiskus Roberto Diogo mengapresiasi proses rekrut calon siswa (Casis) Angkatan Laut oleh Lanal Maumere karena 95 persen merupakan putera daerah. Bupati berharap, para casis tekun mengikuti proses seleksi, pelatihan dan pembinaan.

“Casis ini hampir 95% merupakan anak-anak putera daerah asal Sikka. Sementara secara umum berasal dari putera dari Flores. Kita berharap para casis ini bisa lolos hingga  menjadi TNI AL. Mereka inilah anak-anak putera daerah yang bisa membawa nama daerah  masing- masing di Flores ini,” ungkapnya Jumat (20/08/2021).

Bupati berharap, kedepannya TNI AL Maumere terus menciptakan parajurit TNI AL yang handal asal Flores umumnya dan putera Sikka khususnya.  Dengan semakin banyaknya putera asal kabupaten Sikka yang lolos TNI AL,  maka akan mengurangi pengangguran.

Sementara Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi mengatakan, TNI AL akan terus berjuang menghasilkan TNI AL asal Flores umumnya dan Sikka pada khususnya. Menurutnya pada tahun 2020 lalu, dari total casis yang terdaftar dan terseleksi di TNI AL Maumere sebanyak 23 casis.  Dari jumlah tersebut sebanyak 22 casis yang lolos jadi prajurit TNI AL dan 15 orang diantaranya berasal dari Lanal Maumere.

“Tahun 2020 yang terdaftar sebanyak 23 orang. Dari jumlah tersebut  22 orang diantaranya lolos seleksi dan saat ini sudah menjadi prajurit TNI AL. Sementara satu orang casis asal pulaun Jawa gagal seleksi. Hal ini berarti lebih memprioritaskan putera-puteri daerah,” ungkap Kolonel Yoga.

Namun demikian lanjut Yoga, dalam proses perekrutan Casis masih kekurangan fasilitas pendukung diantaranya barak siswa dan kolam renang. Oleh karena itu, Kolonel Yoga mengharapkan dukungan seluruh stakeholder, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemerintah daerah.

“Kami akan lebih fokus merekrut putera-puteri daerah asal Flores dan lebih khusus putera puteri daerah asal kabupaten Sikka. Namun kendala yang kami hadapi saat ini yakni fasilitas pendukung, seperti  barak siswa, lapangan yang memadai, dan kolang renang untuk pelatihan siswa,” jelas Yoga.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya