oleh

Manajemen Bandara Ngurah Rai Bali Prediksi 1 Juta Penumpang Liburan Nataru

Denpasar, Lintasnusanews.com – Pulau Dewata Bali selalu menjadi favorit liburan wisatawan lokal maupun asing, menghabiskan liburan selama perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Manajemen Bandara Ngurah Rai Bali mempresiksikan, penumpang liburan tahun ini meningkat hingga 1 juta wisatawan.

“Pertimbangannya adalah libur anak sekolah sudah dimulai. Sehingga kemungkinan akan ada yang mengambil cuti di awal untuk menghindari kepadatan menjelang hari libur Natal. Jika di hari operasional biasa rata-rata kami melayani 30 ribu penumpang, saat awal Posko Nataru kami prediksi bisa mencapai 35 hingga 40 ribu penumpang kedatangan,” ungkap General Manager Bandara Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, Kamis (14/12/2023).

Sebagai pengelola, Handy memprediksi Bandara Bali akan melayani 1.089.048 penumpang selama libutan Nataru tahun ini. Atau diperkirakan meningkat 20 persen dibanding tahun sebelumnya yakni sejumlah 909.143 penumpang.

Jumlah penumpang domestik pada periode normal tercatat 28 ribu penumpang, namun selama liburan Nataru dipresiksikan mencapai 35 ribu orang per hari. Sementara rata-rata harian penumpang internasional, diperkirakan sejumlah 32 ribu penumpang atau 7 persen di atas rata-rata harian penumpang internasional yakni 30 ribu orang per harinya.

Berdasarkan data hingga November 2023, jumlah trafik harian rata-rata 58 ribu penumpang dengan 372 pergerakan pesawat per hari.

Handy menyebut, puncak pergerakan penumpang menjelang libur Natal diperkirakan terjadi pada Jumat, 22 Desember 2023 sejumlah 72.754 penumpang dengan 408 pergerakan pesawat. Sementara puncak jumlah penumpang pada periode tahun baru diprediksi terjadi pada Selasa, 2 Januari 2024 yaitu sejumlah 69.237 penumpang dengan 392 pergerakan pesawat.

‘Berdasarkan data yang kami himpun dari Kementerian Perhubungan, rute tujuan Bali melalui Bandara Soekarno Hatta merupakan destinasi domestik utama. Dengan tiket terjual berdasarkan jumlah penumpang dalam negeri tertinggi yakni sekitar 65.000 tiket penerbangan yang telah terjual. Sehingga kami mengantisipasi terjadinya peningkatan jumlah penumpang. Terlebih di masa ini bertepatan juga dengan masa libur sekolah dan cuti bersama,” jelas Handy.

Bandara Ngurah Rai Bali Siapkan 605 Ekstra Flight Selama Liburan Nataru

Mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang, manajemen bandara melakukan berbagai upaya dengan membuka Posko Pelayanan Nataru. Posko ini beroperasi sejak tanggal 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024. Selain itu, Posko Keamanan juga disiapkan di area pintu masuk kendaraan yang akan melibatkan institusi TNI Polri.

Handy memastikan kesiapan Bandara Ngurah Rai Bali dalam melayani pengguna jasa pesawat udara selama liburan Nataru. Kementerian Perhubungan melalui tim inspeksi kesiapan penyelenggaraan Angkutan Nataru 2023 juga telah melakukan inspeksi pada akhir November lalu.

“Hasil  inspeksi menyatakan Bandara I Gusti Ngurah Rai siap dalam penyelenggaraan Angkutan Nataru,” ujarnya.

Handy menambahkan, manajemen bandara telah menerima 605 pengajuan penerbangan tambahan atau ekstra flight sebanyak 110.294 seat. Data ekstra flight terdiri dari 302 penerbangan kedatangan dan 303 penerbangan keberangkatan.

“Sifatnya adalah pengajuan, kami akan evaluasi dengan ketersediaan slot dan jadwal yang dimohonkan. Untuk domestik ada delapan maskapai yang mengajukan dengan destinasi Jakarta, Surabaya, Bima, Solo, Dili, Lombok, Tambolaka, Labuan Bajo, dan Makassar. Sementara untuk internasional, diajukan oleh satu maskapai dengan destinasi Singapura,” pungkasnya. (edo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya