oleh

Forum Kades Sikka NTT Pertanyakan Kenaikan Gaji ke Bupati

Maumere, Lintasnusanews.com – Forum Kepala Desa (Forkades) Kabupaten Sikka NTT mempertanyakan janji Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo terkait kenaikan penghasilan tetap ( Siltap) atau gaji kades tahun 2021. Sekretaris Forkades Petrus Pade mengungkapkan, bupati berjanji akan menaikan Siltap setelah disepakati bersama DPRD Sikka pada 6 Agustus tahun 2020 lalu.

“Kami mau mempertanyakan kenaikan Siltap yang pernah dijanjikan bupati. Soalnya sampai sekarang belum terealisasi,” ungkap Sekretaris Forkades Sikka, Petrus Pade, Kamis (21/01/2020) di Maumere..

Petrus menuturkan,  para kepala desa yang tergabung dalam Forkades menunggu realisasi janji Bupati Sikka terkait gaji kades. Menurutnya, janji bupati itu diungkapkan bupati dihadapan para kepala desa se-Kabupaten Sikka di Desa Nelle Urung tahun lalu.

Petrus menguraikan, bupati menjanjikan menaikan Siltap per kepala desa senilai Rp 3,5 juta, atau setara dengan Siltap yang ada di Kabupaten Flores Timur. Namun hingga saat ini belum ada pemberitahuan realisasi terkait gaji mereka.

“Bupati menyampaikan kenaikan Siltap itu saat kami sedang pertemuan untuk membahas program kerja Forkades dan persiapan pelantikan pengurus Forkades,” tutur Petrus yang juga menjabat Kades Ojang itu.

Petrus mengaku, rencana kenaikan gaji para kepala desa ini juga telah dibahas saat gelar Rapat Dengar Pendapat ( RDP) bersama anggota DPRD Sikka pada pertengahan bulan Juli 2020.

“Dalam RDP bersama anggota DPRD Sikka, bupati  menyetujui untuk menaikan Siltap. Namun hingga saat ini belum terealisasi,” tandasnya.

Petrus berharap, bupati segera merealisasi janjinya karena intensitas kerja para kades cukup tinggi. Apalagi disaat masa Covid19, tugas dan tanggungjawab kades bertambah.

“Kami hanya mengharapkan agar janji bupati untuk menaikan Siltap bagi para Kades dapat segera terealisasi,” harapnya.

Harapan senada disampaikan Kades Koro Bhera Darius Weu Kecamatan Mego. Menurutnya, intensitas kerja para kades meningkat selama pandemi Covid19. Apalagi rencana kenaikan telah dibahas oleh DPRD Sikka dan Bupati.

“Kami para kades yang berada di luar kota berharap, apa yang dijanjikan bupati dapat segera terwujud,” ujar Darius. (rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya