oleh

Kemendikbud Siapkan Alternatif Pembelajaran melalui TVRI dan Kanal Daring 2021

Jakarta, Lintasnusanews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan pola pembelajaran jarak jauh melalui TVRI dan kanal daring lainnya tahun 2021. Hal ini karena Indonesia masih dilanda Covid19, sehingga pemerintah daerah diingatkan untuk memperhatikan kesehatan dan keselamatanpeserta didik dan tenaga pendidik.

“Kami mengingatkan kembali agar kebijakan pembelajaran tatap muka tetap dilakukan secara berjenjang. Mulai dari penentuan pemberian izin oleh pemerintah daerah, kanwil, Kantor Kemenag, pemenuhan daftar periksa oleh satuan pendidikan. Serta kesiapan menjalankan pembelajaran tatap muka,” ungkap Dirjen (PAUD), Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kemendikbud, Jumeri, di Jakarta, Senin (28/12/2020).

Jumeri menjelaskan, kebijakan ini sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menkes dan Mendagri. Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid19.

Pemerintah melakukan penguatan peran pemerintah daerah, sebagai pihak yang paling mengetahui kondisi, kebutuhan, dan kapasitas daerahnya. Kewenangan terkait ketentuan pembelajaran tahun 2021 diberikan kepada pemda untuk menentukan izin pembelajaran tatap muka.

Kemendikbud menyiapkan program belajar dari rumah (BDR) yang ditayangkan di TVRI untuk jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar (SD). Tayangan tersebut akan di mulai dari bulan Januari s.d. Maret 2021, Senin s.d. Jumat, pukul 08.00 sampai 11.30 WIB.

Pada jenjang PAUD tayangan pembelajaran dimulai pukul 08.00 sampai dengan 08.30 WIB, dan jenjang SD kelas 1 pukul 08.30 – 09.00 WIB. Sementara SD kelas 2 pukul 09.00 – 09.30 WIB, SD kelas 3 pukul 09.30 s.d. 10.00 WIB, SD kelas 4 pukul 10.00 s.d. 10.30 WIB. Sedangkan SD kelas 5 pukul 10.30 – 11.00 WIB, dan SD kelas 6 pukul 11.00 – 11.30 WIB.

“Tayangan untuk SD mengikuti modul pembelajaran sesuai kurikulum (darurat). Dengan mengutamakan pemenuhan kompetensi literasi, numerasi, dan penguatan karakter,” jelas Jumeri.

Pembelajaran Bisa Melalui Kanal Daring Lainnya

Selain melalui TVRI, Kemendikbud menyediakan kanal pembelajaran daring tahun 2021 dapat diakses melalui akun pembelajaran dengan domain belajar.id. Akun elektronik tersebut dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengakses layanan pembelajaran berbasis elektronik.

Tayangan pembelajaran juga dapat disaksikan TV Edukasi dan Radio Edukasi. Televisi dibawah naungan Kemendikbud tersebut dapat diakses pada satelit Telkom-4 frekuensi 4125/V/5500. Informasi mengenai TV Edukasi dapat diakses di laman resmi https://tve.kemdikbud.go.id.

Sumber pembelajaran secara daring juga disediakan di aplikasi Rumah Belajar dan para pendidik. Sehingga dapat saling berbagi pola pembelajaran yang dapat diakses melalui laman guru berbagi. Selain itu, bahan bacaan, lembar aktifitas, panduan berkegiatan bersama anak-anak dan remaja juga tersedia pada laman bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id.

“Kami mengajak para pendidik, dan peserta didik serta orang tua untuk memanfaatkan kanal atau alternatif pembelajaran yang dihadirkan oleh Kemendikbud,” pungkasnya. (tim/boy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya